oleh

Della Wakili Sumsel ke Tingkat Nasional

MUSI RAWAS – Tiga peserta didik Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Musi Rawas (Mura) mengharumkan nama sekolah dan Kabupaten Mura di kancah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Diantaranya Della Arista Wulandari.

Siswi yang menyandang tuna rungu wicara itu dengan penuh percaya diri mempertunjukkan kepiawaiannya dalam menampilkan Tari Turak Bajuang pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Tingkat Provinsi Sumsel di SLB Pembina Palembang, 27 Juni 2019.

Tarian yang ditunjukkannya memukau penonton dan dewan juri. Akhirnya, ia dinobatkan sebagai Juara I Tari Kreasi Daerah FLS2N PKLK Tingkat Provinsi Sumsel. Della juga akan mewakili Provinsi Sumsel untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Nasional di Lampung September 2019 mendatang.

Kepala SLBN Mura, Dwi Tugiantoro menerangkan asal usul terciptanya Tari Turak Bajuang.

“Jadi tari ini terinspirasi dari salah satu tari tradisional Kabupaten Mura-Sumsel. Turak merupakan potongan bambu seruas, yang digunakan para wanita tempo dulu sebagai senjata untuk penjajah. Pada zaman dahulu , para wanita pun turut berperan serta dalam mengusir penjajah. Mereka akan menari di hadapan para penjajah dan di akhiri tarian mereka akan menabur beras kuning beserta irisan cabe yang telah mereka simpan di dalam ruas potongan bambu. Kami berharap, capaian yang diraih siswa-siswi kami ini bisa menginspirasi orang tua yang anaknya berkebutuhan khusus untuk tetap optimis. Karena pada dasarnya, setiap anak itu ada potensi. Tinggal orang tua telateni, dukung, dan doakan,” tutur Dwi.

Ia mengapresiasi semangat Pelatih Tari Para Peserta Didik SLBN Mura Jaya, yang sudah telaten dalam menggali dan melatih Della dan teman-temannya. Selain Della, siswi SLBN Mura atas nama Bella Prasetiyawati juga meraih Juara III Bocce . Dan Dimas Pratama jadi Juara III Lari Tingkat SMP se-Sumsel.

“Mohon doanya untuk anak kami Della, semoga perjuangannya untuk mengharumkan nama Sumsel dan Mura bisa berbuah manis di kompetisi tingkat Nasional nanti,” tutur Dwi. (lik)

Rekomendasi Berita