oleh

Delapan Truk Angkut Logistik Pilkada

“Logistik yang akan digunakan untuk pemungutan dan penghitungan suara, harus tiba ke TPS sebelum pukul 07.00 WIB, Rabu (27/6),” kata ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Tiga hari sebelum dilakukannya pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2018, KPU Kota Lubuklinggau, Senin (25/6), distribusi logistik ke PPK. Untuk pengiriman logistik ke delapan kecamatan dalam Kota Lubuklinggau dibutuhkan delapan mobil truk.

Artinya untuk pengiriman ke satu PPK, menggunakan satu mobil truk, sehingga tidak ada hambatan dalam pengiriman logistik Pilkada. Logistik yang didistribusikan tersebut terdiri 318.064 lembar surat suara, yang terdiri dari 159.032 lembar surat suara untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Dan 159.032 lembar surat suara untuk Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau. Kemudian, 800 buah kotak suara, 376 set bilik suara, 376 tinta, 376 alat pencoblosan baik bantal maupun paku serta logistik lainnya.

Selanjutnya, hari ini (Selasa, 26/6) logistik tersebut harus didistribusikan PPK ke PPS dan langsung dikirim TPS, karena sebelum pukul 07.00 WIB, logistik Pilkada serentak 2018 harus sudah tiba di setiap TPS masing-masing kelurahan.

Menurut Efriadi Suhendri, logistik yang sudah didistribusikan sudah di-packing sesuai dengan kebutuhan di setiap TPS. Kalau ada logistik yang mengalami kekurangan baik di tingkat PPK, PPS dan KPPS diinstruksikan untuk segera berkoordinasi dengan jajaran Panwaslu Kota Lubuklinggau yang disesuaikan dengan tingkatannya. Kalau masalah kekurangan logistik tingkat PPK, maka koordinasi dengan Panwascam, PPS ke PPL dan KPPS ke Pengawas TPS. Kemudian setiap kekurangan logistik tadi harus dibuat Berita Acara (BA), yang memuat logistik kekurangan. Tapi, kalau ada kendala keamanan diinstruksikan koordinasi dengan aparat kepolisian.

Mengenai adanya masyarakat yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL), dipastikan Eef, sapaan akrab Efriadi Suhendri, tetap dapat menggunakan hak pilihnya Rabu, 27 Juni 2018. Datang ke TPS terdekat pada pukul 12.00 WIB, dengan menunjukkan KTP-El atau Surat Keterangan ke KPPS. Itu sesuai Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 574/PL.03.6-SD/06/KPU/VI/2018 tanggal 8 Juni 2018, perihal penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara.

“Untuk masyarakat yang tidak terdaftar di DPT tetap dapat memilih, sepanjang dapat menunjukkan KTP-EL atau Surat Keterangan. Prinsipnya, kita menjaga hak pilih dari masyarakat,” jelasnya. (01)

Rekomendasi Berita