oleh

Debit Sungai Rupit dan Rawas Meningkat, Dua Kecamatan Banjir

-Muratara-232 dibaca

LINGGAUPOS.CO.ID – Tingginya intensitas curah hujan di beberapa hari terakhir, membuat debit Sungai Rupit dan Rawas di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) meningkat.

Bahkan, berdasarkan pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muratara, ketinggian debit air naik sekitar 3 hingga 4 meter.

Melalui Kabid Kesiapsiagaan Bencana BPBD Muratara, Zazizli, Senin(29/3/2021) menjelaskan pihaknya terus memantaua ketinggian debit air kedua sungai itu. “Terus kami pantau, karena debit air terus naik dan deras,” jelasnya.

Bahkan dijelaskannya, dua kecamatan sudah terimbas banjir, yakni Kecamatan Karang Jaya yakni di Desa Tanjung Agung, Rantau Telang, Muara Batang Empu,  Dan Embacang Kecamatan. Kemudian di Desa Pulau Kidak Kecamatan Ulu Rawas.

“Imbas banjir ini, dua  kecamatan terancam lumpuh perekonomian akibat banjir, kekhwatiran itu datang karena dua aliran sungai numpuk jadi satu,” ungkap Zazizli.

Pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat yang berada di bantaran Sungai Rawas dan Sungai Rupit agar tetap waspada,

“Kami minta kepada masyarakat orang tua, orang tidak bisa berenang , jangan ada yang  beraktivitas di bantaran sungai supaya tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Kemudian ia juga menghimbau kepada orang tua yang punya anak kecil supaya terus diingatkan, agar tidak bermain di aliran sungai, karena mengancam keselamatan.

“Kami juga khawatir, dua aliran sungai itu bertemu di dua kecamatan yang ada di hilir sungai. Sehingga kedua kecamatan ini juga terancam banjir, yakni Kecamatan Karang Dapo dan Kecamatan Rawas Ilir,” katanya.(*)

Rekomendasi Berita