oleh

DD Harus Tepat Sasaran

LINGGAU POS ONLINE – Camat Tebing Tinggi, Sormi Azhar ingatkan agar penggunaan Dana Desa (DD) yang diterima oleh 20 desa yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi, dimanfaatkan dengan tepat sasaran. Sebab DD yang digelontorkan oleh negara sudah lima tahun ini, tetapi masih saja ada masyarakat yang belum sejahtera.

Hal ini ditegaskan Somri Azhar, saat pembukaan acara pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Tebing Tinggi, di Aula kantor Kecamatan, Sabtu (8/9).

Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan peserta bisa mengambil ilmu yang didapat, dan diterapkan di desanya masing-masing. Kepada narasumber yang dihadirkan ia berharap, bimbingannya untuk semua peserta pelatihan.

Ketua TPID Tebing Tinggi, Melina Puspita Sari menjelaskan kegiatan ini salah satu kegiatan yang tercantum di dalam program inovasi desa oleh Kementerian Desa. Saat ini berfokus pada penggabungan pencegahan stanting, kegiatan yang dilaksanakan menggunakan dana DOK (Dana Operasional Kegiatan (TPID) tahun anggaran 2019.

“Makanya peserta pelatihan yang kita undang, perwakilan perangkat desa dan Kader Pengembangan Manusia (KPM) serta kader posyandu dari seluruh desa yang ada di kecamatan tebing. Agar bisa mengampanyekan dan melakukan pendataan, terhadap bahaya stanting atau kekurangan gizi pada anak usia nol sampai seribu hari,” jelasnya.

Setelah pelatihan, para kader langsung ditugaskan agar melakukan pendataan. Mereka akan bekerja sama dengan Kades serta bidan desa untuk mengumpulkan data, seperti ibu hamil dan anak-anak untuk dilakukan pengecekan dan penanganan stanting.

Laporan Kayan

Rekomendasi Berita