oleh

DD Hampir Rp 1 Miliar, Kebersihan Desa Terbengkalai

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Bupati Lahat, H Aswari Riva’i mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap pengelolaan Dana Desa (DD) yang tidak maksimal. Meskipun tidak menyebut nama, bupati yang hobi blusukan ini tampak kecewa saat menceritakan kunjungannya ke salah satu desa beberapa waktu lalu, yang sama sekali tidak memperhatikan kebersihan lingkungannya.

“Ini kadang-kadang masuk dusun, semehut. Padahal, ngundang Bupati. Aku dide nak dibesakan. Tapi ngundang tu iluk-iluk. Jalan desa yang rusak tu dibenari, disiangi,” kata Aswari, di hadapan ribuan peserta program Inovasi Desa, termasuk diantaranya para Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Lahat, Rabu (22/11) di Gedung Kesenian Seganti Setungguan.

Dia menyebutkan, kalau saja Pemerintah Desa mau menganggarkan untuk keperluan kebersihan lingkungan, tidaklah seberapa dari besaran DD yang besarnya hampir Rp 1 miliar. Terlebih, kebersihan lingkungan sangatlah penting, baik bagi kesehatan maupun bagi kenyamanan warga Desa setempat.

“Percuma bangun ini itu, tapi kondisi Desanya semrawut. Tolong dianggarkan untuk kebersihan ini,” ajak Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Lahat, Fauzan Choiri Denin, berharap DD yang ada hendaknya dimanfaatkan semaksimal dan seoptimal mungkin. Karenanya, perlu inovasi dari Pemerintah Desa dalam rangka pengelolaan dana ini.

“Disamping itu kami ingatkan, dalam hal pengelolaan DD ini hendaknya melibatkan BPD (Badan Permusyawaratan Desa, red) dan juga tokoh-tokoh masyarakat. Sehingga, penggunaannya memang benar-benar berdasarkan kebutuhan masyarakat Desa,” harapnya. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita