oleh

DBD Ancaman Serius

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Warga Muratara diimbau waspada Demam Berdarah Dangue (DBD). Hal ini diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Tugas (KUPT) Puskesmas Kecamatan Rupit, Devi Erawati, berkenaan dengan masuknya musim hujan.

Sebab, menurut Devi, penghujan menjadi saat yang pesat pengembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

“Bahaya DBD tentu menjadi ancaman serius bagi warga. Apalagi halaman rumah, serta sampah yang tidak terurus membuat nyamuk begitu leluasa berkembang biak,” terang Devi, Minggu (17/12).

“Saya mengajak kepada warga Rupit untuk sama-sama menjaga kebersihan sekitar, nyamuk begitu banyak dikhawatirkan terjangkit DBD,” kata dia.

Lebih lanjut Devi menambahkan, DBD begitu cepat menular dan sangat membahayakan. Apalagi terkena pada anak-anak.

“Untuk itu mari jaga lingkungan sekitar kalau ada sampah di bakar ataupun di kubur bagi sampah yang bisa dijadikan tempat bersarang jentik nyamuk,” ungkapnya.

Sementara itu, Yudi (35) warga Kelurahan Muara Rupit mengatakan, memang pada cuaca yang tidak menentu, apalagi musim hujan dirasakan nyamuk begitu banyak.

“Musim hujan seperti ini, tambah banyak nyamuk Aedes Aegypti yang makin berkembang. Terlebih rumah yang banyak sampah. Jadi memang sekarang harus waspada mumpung belum terkena di keluarga kita,” ucapnya.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita