oleh

Data Sensus Podes Penentu Besaran DD

..Melalui sensus Podes ita akan mengetahui indikator kemajuan desa, seperti akan kondisi sosial, ekonomi serta sarana dan prasarana desa..

Kepala BPS Mura, Aidil Adha

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Sejak dicairkannya Dana Desa (DD) di wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura) pada tahun 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mura gencar melakukan sensus Potensi Desa (Podes). Tujuannya, untuk mengetahui kemajuan dan potensi desa di wilayah Kabupaten Mura.

Kepala BPS Mura, Aidil Adha mengatakan, sensus Podes dimulai 2 Mei hingga 31 Mei 2018. Saat sensus Podes, pihaknya memetakan wilayah desa, kelurahan dan kecamatan. Selanjutnya data tersebut akan digunakan dalam penentuan DD.

“Pemerintah pusat hendak mengetahui sejauh mana pembangunan desa, sejak dikucurkan DD 2015 hingga 2017,” kata Aidil Adha, Selasa(8/5).

Selain itu sambung Aidil, sensus Podes untuk menentukan Indeks Pembangunan Desa (IPD) hingga kesulitan geografis desa. Setelah data terkumpul maka dapat diketahui dalam penentuan besaran DD.

Selain mengukur pembangunan infrastruktur dasar, sensus Podes juga untuk mengetahui kondisi perekonomian masyarakat serta kondisi sosial. Pihaknya akan mendata pembangunan menggunakan DD, APBD dan CSR. Agar diketahui sejauh mana pemanfaatan DD dalam membangun desa.

“Kita akan mengetahui indikator kemajuan desa, seperti akan kondisi sosial, ekonomi serta sarana dan prasarana desa,” jelasnya.

Saran prasarana yang dimaksud seperti infrastruktur dasar yakni sarana pendidikan, kesehatan dan sarana sosial.

”Kita akan cek perdesa dengan mengerahkan seluruh petugas sensus BPS, kita akan lihat kondisi penghasilan warga,” tegasnya.

Tidak hanya infrastruktur yang akan dicek, pemberdayaan masyarakat juga akan dilihat manfaatnya,” (11)

Rekomendasi Berita