oleh

Data KPU NanSuko Menang Telak

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan di 376 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah discan dan dikirimkan KPU Kota Lubuklinggau ke website KPU RI.

Dilakukannya scan hasil penghitungan suara di C1 KWK tersebut berdasarkan instruksi dari KPU RI berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara. Itu disampaikan Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto, Kamis (28/6).

Menurut Gatot Widjianto, proses scan C1 KWK sudah selesai 100 persen, dan hasilnya bisa diakses masyarakat secara umum. Tapi, mengenai hasil penghitungan suara berdasarkan C1 KWK yang sudah discan tersebut, belum bisa dipublikasikan, karena KPU Kota Lubuklinggau belum melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara.

“Untuk perolehan suara bisa dicek di website KPU RI, baik perolehan suara untuk Pilgub Sumsel maupun Pilwako Lubuklinggau. Kami belum bisa memublikasikannya karena belum dilakukan proses penghitungan suara,” katanya.

Selain itu, proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan, baru akan dilakukan pada rentang waktu tanggal 28 Juni sampai 4 Juli. Tapi, sudah dijadwalkan akan dilakukan rekapitulasi serentak pada Jumat (29/6). Kemudian, akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara ditingkat KPU Kota Lubuklinggau direntang waktu 4 Juli sampai 6 Juli. Setelah itu, hasilnya akan dipublikasikan.

Sementara itu berdasarkan hasil scan di wibsite KPU RI hasil penghitungan suara Pilkada Lubuklinggau. Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2, H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar unggul dengan perolehan suara 62.923 dengan persentase 56,18 persen. Diikuti Paslon H Rustam Effendi-Riezky Aprilia yang memperoleh suara 41.179 dengan persentase 36,77 persen. Selanjutnya, Paslon H Toyeb Rakembang-Sofian dengan suara 7.898 dengan persentase 7,05 persen. (01)

News Feed