oleh

Data KPM BPNT Perlu Diperbarui

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Wakil Bupati Rejang Lebong Iqbal Bastari melanching program  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), pengganti program Beras Sejahtera (Rastra). Ada 17.061Keluarga Penerima Manfaat (KPM), jumlah ini menurun pasca dilakukan verifikasi kelapangan.

Sebelumnya KPM ditetapkan ada 18.455, di kroscek kelapangan jumlahnya berkurang. Iqbal Bastari meminta masyarakat jujur, mengingat program ini diperuntukan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Menurut Iqbal Bastari, bagi keluarga penerima manfaat yang dahulunya memang menjadi sasaran penerima, namun jika saat ini kondisi ekonominya membaik disarankan untuk tidak menerima lagi. “Dulunya memang tepat sasaran, kalau sekarang ekonominya membaik dengan kesadaran sendiri sudah lama sebagai penerima dan sudah terbantu undur diri untuk tidak lagi menerima,”saran Iqbal Bastari.

Menurut Iqbal Bastari data penerima BPNT harus melibatkan RT/RW. Unruk survei biar RT/RW yang tahu kondisi warganya, sementara data yang digunakan saat ini mengacu data Badan Pusat Statistik. Perbaharuannya dilakukan lima tahun sekali, padahal idealnya dilakukan setahun sekali.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan mengakui hal ini menjadi polemik di masyarakat. Bahkan tidak sedikit yang menyampaikan protes, apalagi data yang digunakan merupakan data terpadu 2011.

Kedepan Dinsos Kabupaten Rejang Lebong akan menferifikasi dan validasi. Jika ditemukan tidak layak menerima  maka dikeluarkan.

Mengurangnya jumlah KPM disebabkan beberapa hal, diantaranya karena yang meninggal, pindah berjumlah sekitar 300 lebih. Kemudian, sambungnya ada sekitar 1100 sampai saat ini yang bersangkutan tidak datang.

“Ada sekitar 1100 kita pangil, kita cari orangnya tidak datang, orangny ada tapi tidak datang, kita cari tempatnya, ada yang ditalang, untuk memanggil orang satu-satu itu keterbatasan kita. Jadi finalnya penerimanya 17.061, yang oragnya ada tapi tidak mau registrasi kami belum ada jawaban,”katanya.

Sementara itu, keluarga  yang menerima BPNT yang mulai dibagikan kemarin, terdiri dari data penerima Program Keluarga hmHarapan (PKH) sebanyak 12.206 KPM dan data non PKH sebanyak 6.249 KPM. Kalangan warga penerima bantuan ini tersebar di 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Bantuan BPNT berupa telur dan beras ini dapat mengambilnya melalui 10 e-warung yang didirikan oleh Kemensos-RI, kemudian sembilan rumah pangan kita (RPK) dan 46 agen BRILink. “Traget kita untuk penyaluran ini dalam satu desa ada dua tempat,”tambah Zulfan. (09)

Rekomendasi Berita