oleh

Data Kendaraan Dinas yang Belum Dikembalikan

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengecek fisik seluruh kendaraan dinas di halaman parkir Gedung Serba Guna (GSG), Senin (1/10).

Saat pengecekan itu, Bupati didampingi Wakil Bupati Empat Lawang H Yulius Maulana. Seluruh kendaraan dinas dicek, baik yang digunakan Sekretariat Daerah (Sekda), Sekretariat Dewan (Sekwan), dan seluruh Kepala Organisasi perangkat Daerah (OPD) serta RSUD Kabupaten Empat Lawang.

“Saya prihatin dengan keberadaan aset kendaraan dinas di Kabupaten Empat Lawang. Ada beberapa aset digunakan orang yang tidak berhak menggunakan aset. Selain itu, banyak aset yang terbengkalai. Serta penggunaan aset di luar kepentingan dinas,” beber Bupati.

Setelah dicek, bupati akan menindaklanjuti, dan memintai pertanggungjawaban dari si pengguna kendaraan dinas tersebut.

“Setelah ada temuan, kita akan lakukan penertiban dan kita akan minta pertanggung jawaban dari beberapa aset-aset yang hilang tidak ada di tempat. Saya sudah minta pada tim penataan aset untuk ditelusuri,” jelasnya.

Ini, kata Bupati, tahapan awal dan meminta kepada pihak-pihak terlibat dalam persoalan aset untuk bekerja sama agar mengembalikan ke Pemerintah Kabupaten Empat Lawang.

Sementara Ketua Tim Penertiban dan Penataan Aset, Muhammad Daud mengatakan untuk jumlah kendaraan dinas roda empat di Kabupaten Empat lawang berjumlah 335 dan 938 kendaraan dinas roda dua.

“Untuk mobil dinas itu ada 173 unit pengadaan Sekretariat Daerah (Setda) dan 162 unit lagi itu pengadaan dari OPD dengan total 335 unit sedangkan roda dua ada 939 unit, dan ada 14 unit yang masih dikuasai. Namun empat unit kendaraan sudah dikembalikan dengan sukarela,” katanya.

Ia juga berharap kepada yang belum mengembalikan agar segera mengembalikan dengan sukarela.

“Kami melakukan langkah-langkah persuasif karena dinilai lebih efektif, jadi kami mengharapkan kepada yang lain untuk segera mengembalikan aset milik Kabupaten Empat Lawang ini tanpa ada paksaan,” harapnya. (cw2)

Rekomendasi Berita