oleh

Data Keanggotaan Menjadi Perhatian Parpol

KPU Serahkan Hasil Penelitian dan Verifikasi Faktual

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, adakan rapat pleno terbuka. Rapat pleno ini sekaligus menyerahkan, hasil penelitian administrasi, verifikasi faktual, keterwakilan perempuan, domisili kantor serta pemenuhan keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019.

Semua dikatakan Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein melalui Divisi Hukum HM Hidayat Zaini dirangkum dan direkap dalam rapat kemarin.

“Ada beberapa tahapan yang sudah dilaksanakan oleh KPU. Mulai dari tahap pertama, yakni 3-16 Oktober KPU Musi Rawas menerima proses pendaftaran dan penyerahan dokumen keanggotaan. Pada saat itu, ada 12 Parpol yang dinyatakan memenuhi syarat. Yang dilakukan verifikasi faktual pada saat itu ada dua Parpol, yakni PSI dan Perindo sebagai Parpol baru,” jelas Dayat sapaan akrabnya, Rabu (7/2).

Lalu dilanjutkan Dayat, keluar lagi edaran dari KPU Pusat, tindak lanjut dari keputusan Bawaslu. Maka pihaknya kembali menerima pendaftaran untuk PKPI, PBB, Partai Idaman, Partai Republik dan PK. Namun yang dinyatakan memenuhi syarat hanya PKPI dan PBB.

“Lalu kita buka lagi proses pendaftaran untuk Partai Berkarya dan Partai Garuda. Berdasarkan penelitian administrasi dan verifikasi faktualnya dinyatakan memenuhi syarat. Terakhir, keluar lagi PKPU No. 5 Tahun 2018 tentang perubahan PKPU No. 7 Tahun 2017 tentang proses pendaftaran dan verifikasi faktual,” lanjutnya.

KPU pun melanjutkan tahapan verifikasi faktual untuk Parpol peserta Pemilu tahun 2014.

“Ada 12 Parpol, bersamaan dengan dua parpol yang terakhir kita verifikasi. Sehingga secara keseluruhan, 16 Parpol yang mengikuti tahapan, 12 Parpol lama dan empat Parpol baru semua dinyatakan memenuhi syarat. Semua indikator yang diminta oleh KPU terpenuhi. Penyerahan hasil tahapan, kita serahkan ke masing-masing Parpol,” jelasnya.

Tahapan selanjutnya, 11-13 Februari rekapitulasi di KPU Provinsi. Lanjut 15-16 Februari rekapitulasi di KPU Pusat.

“17 Februari, penetapan secara nasional untuk Parpol peserta Pemilu 2019. Saat ini, pihak parpol tinggal menunggu penetapan dari KPU pusat,” ungkapnya.

Selama tahapan, diakuinya ada dua Parpol yakni Parpol baru yang harus melakukan perbaikan.

“Namun meskipun semua dinyatakan memenuhi syarat, yang menjadi perhatian pada tahapan pemenuhan data keanggotaan. Ada beberapa partai, yang banyak melakukan perbaikan. Kita berharap kedepan, jangan sampai ada perbaikan lagi mengenai data keanggotaan. Seharusnya data yang dimasukkan di Sipol, memang data yang real,” ungkapnya kembali. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita