oleh

Data BKN Dinilai Tidak Update

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Ratusan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Rejang Lebong mengeluh, dan menilai data yang dimasukkan peserta ke sistem online dalam pendaftaran CPNS tidak update.

Dikonfirmasi di ruangannya, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong, Mei Susanti membenarkan informasi tersebut. Banyaknya kebutuhan masyarakat yang mau mendaftarkan CPNS, ternyata datanya yang di portal online itu masih tercatat data lama padahal yang bersangkutan sudah melakukan perbaikan data.

“Kalau dugaan kita ini BKN tidak menggunakan perbaruan setiap menit, detik atau jam, ada warga yang beberapa bulan lalu yang melakukan perubahan data tapi terbaca pada portal masih data yang lama, contoh si “A” menikah dengan si “B”, buat KK dengan alamat lokasi lain, waktu daftar CPNS, data mereka masih terdaftar pada orang tuanya dengan status belum kawin, ini salah satu alasan warga datang ke Disdukcapil untuk perbaikan data, kalau dalam istilah kami konsolidasi manual,” jelasnya.

Mei Susanti juga menjelaskan, ada juga masyarakat yang datang ke Disdukcapil setelah dilakukan konsolidasi manual masih belum juga.

“Ini tergantung username pengguna pemanfaatan data kita, di luar ranah Disdukcapil,” katanya.

Ia juga mengaku, masyarakat yang mendatangi Disdukcapil dalam sehari bisa sampai mencapai 300 orang.

“Sudah sampai 300 yang minta update, namun jaringan rusak, tadi pagi ngerjakan 20-30 jaringan terputus, beberapa tempat juga mengalami hal sama, mungkin jaringan penuh,” katanya.

Menurutnya, Disdukcapil saat ini hanya memberikan pelayanan update data.

“Mulai ramai sejak pendaftaran CPNS, tetap kita layani untuk update data,” tambahnya.

Ia menambahkan, tak hanya data tidak update, namun ada keluhan lain. Misal nama sudah diperbaiki dengan spasi, sesuai ijazah ternyata masih salah, tempat tanggal lahir dan lainnya.

Sementara itu, salah satu pelamar CPNS Rejang Lebong, Novi (29) mengaku sebelum dibukanya pendaftaran CPNS dirinya telah mengubah data yang ada di KK dan KTP-El untuk menyesuaikan dengan data yang di ijazah yang ia miliki.

Salah satunya adalah tempat lahirnya, karena sebelumnya tempat lahir antara di KTP-El dan ijazah berbeda.

Saat melakukan perubahan di Disdukcapil, katanya, Dinas Disdukcapil Rejang Lebong langsung mengubah baik data yang ada di KK maupun KTP-El yang ia miliki untuk menyesuaikan dengan ada di ijazah.

Namun sambungnya, saat melakukan pendaftaran akun di portal penerimaan CPNS data kependudukan yang keluar masih data lama atau belum dilakukan perbaikan sehingga pendaftaran ditunda dahulu untuk melakukan pengecekan ke Disdukcapil. (sam)

Rekomendasi Berita