oleh

Dapat Pengalaman Berharga

PRAMUKA, salah satu ekstrakurikuler sekolah satu ini tentu tentunya sudah mendunia dan banyak diminati di kalangan anak-anak sampai orang usia tua tentunya.

Untuk ekstrakurikuler Pramuka SMAN Terawas sudah terbentuk sejak 2013, di bina Medri Fredianyansyah, memiliki 25 anggota dari kelas X, Xl dan Xll, kita simak kegiatannya.

Sistem latihannya bagaimana sih?

“Kami latihan setiap Sabtu, pukul 09.00 – 13.00 WIB. Sistem latihan kami itu diawali dengan materi dan dilanjutkan dengan praktik, itu terkadang materi di dalam ruangan dan di luar lapangan. Yang materi itu kita pelajari sejarah Pramuka mengenai Pramuka kalau untuk di lapangan itu kita belajar LKBB, LTBB, Pionering, Shamaphor, terkadang kita juga mengadakan kegiatan survival ke hutan rimba dan bukit-bukit di desa kami,” tegas Gusti Karageni, Asisten Pembina Pramuka SMAN Terawas.

Agenda khususnya apa?

“Agenda khusus gudep kita itu selalu mengadakan perkemahan SSC, kita selalu melakukan hiking sebulan biasanya 1-2 kali dan latihan gabungan bersama SMA dan MTS Miftahul Huda Selangit,” jelasnya.

Wadahnya itu seperti apa?

“Sangat cocok sekali tentunya karena membentuk kepribadian akhlak mulia kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air bela negara bagi kaum muda,meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot pejuang yang tangguh, dan menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan,” katanya.

Manfaat ikut Pramuka ini apa sih menurut mu?

“Lebih disiplin, menjadi mandiri, menjadi pribadi yang kuat dan berkarakter tentunya, pendapat pengelaman yang sangat berharga, pendapat teman dari luar sekolah dari Pramuka ini, dan berani tampil di depan umum serta bisa membagi waktu di tengah kesibukan,” ungkapnya.

Pernah membuahkan prestasi?

“Pernah ikut PW se-Sumsel, Raida Sumsel, Raimuna Nasional, Pransaka se-Sumsel, juara Gudep terfavorit di Perkemahan Gema Muhammadiyah Palembang se-Pulau Sumatera, PPKS Sumsel di Novotel Palembang, juara terfavorit kemah Akbar Mura, dan Kamdeka Sumsel,” jelasnya.

Ada nama panggilan khusus nggak untuk Pramuka Smanter ini?

“Ada yaitu R.F.D.T artinya Raden Fatah Dayang Torek, lebih tepanya Nama Ambalan kami,” jelasnya.

Untuk kamu pribadi gimana rasanya ikut Pramuka ini? Apa aja yang telah di dapatkan?

“Sangat beruntung ikut Pramuka bagi saya pribadi karena di dalam diri saya karakter jiwa pemimpin, disiplin, patuh, rajin, terampil, dan butir-butir dasa darma itu saya dapatkan dan timbul di dalam kepribadian saya,” tambahannya.

Keuntungan ikut Pramuka ini apa?

“Untungnya kita jadi mengerti mana yang baik di lakukan dan yang tidak baik untuk dilakukan,” akhir ungkapnya. (s4).

Rekomendasi Berita