oleh

Dapat Dukungan dan Doa Bupati Musi Rawas

Atlet Hoki SMAN Kelingi Go Internasional

20-28 Januari 2018 ini, Atlet Hoki SMAN Kelingi, Kabupaten Musi Rawas akan berkompetisi kelas internasional. Seperti apa persiapannya.

Laporan Sulis, Musi Rawas

JUARA Umum Ampera Cup, Juara I Invitasi Hoki Antar Club se-Sumsel di UIN Raden Fatah dan masuk Perempat Final Kejuaraan Hokey Nasional, menjadikan Tim Hoki SMAN Muara Kelingi dapat undangan untuk ikut kompetisi Internasional di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Ya kami rasa berkat prestasi yang dicapai anak-anak kami selama mengikuti beberapa pertandingan inilah, yang menjadi cikal bakal atlet hoki SMAN Muara Kelingi ini diperhitungkan kancah Nasional,” tutur Kepala SMAN Muara Kelingi Rifai, usai menghadiri undangan Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan untuk melepas keberangkatan peserta didiknya, dalam Kejuaraan Hoki Kancah Internasional, Kamis (17/1).

Rifai berkeyakinan, insya Allah para siswanya itu bisa membawa nama besar Kabupaten Musi Rawas, dan Provinsi Sumsel dengan baik dalam pertandingan di Jakarta nantinya.

Kemarin, Rifai, 16 anggota Tim Hoki SMAN Muara Kelingi, Guru Pembina ekstrakulikuler Hoki Robi Yozanta, juga para wakil Kepala SMAN Muara Kelingi berkesempatan berbincang oleh Bupati Mura di Ruangan Bina Praja, Gedung Kantor Pemkab Musi Rawas.

Pada kesempatan itu, Robi Yozanta menerangkan pertandingan hoki antar klub juara di UNJ, Jakarta itu akan dilaksanakan 20-28 Januari 2018. Sejak mendapat undangan dari Kampus UNJ tersebut, setiap sore mereka selalu berlatih di sekolah.

Menurut Robi, sekalipun hoki sebagai olahraga unik dan baru, namun sejak dibentuk dua tahun yang lalu di SMAN Muara Kelingi, peminatnya sudah banyak. Se-Sumatera, atlet hoki terbilang langka. Paling banyak didominasi dari Provinsi Sumatera Utara. Hal inilah yang menurut Robi, dari SMAN Muara Kelingi, dan Kabupaten Musi Rawas inilah akan melahirkan benih-benih atlet hoki yang kelak mengharumkan nama Sumsel.

“Kami yakin, kalau nanti di Musi Rawas atlet hoki sudah banyak, kabupaten/kota lain juga mengikuti. Dan harapan kami, kualitas aktet hoki di SMAN Muara Kelingi bisa terus berkembang. Bahkan, dalam waktu dekat empat SMA di Musi Rawas siap membentuk club hoki. Kami sangat mendukung itu,” jelas Robi.

Pria yang pernah menjadi Atlet Hoki DKI, dan bertanding dalam PON 2010 itu mengatakan, kecintaannya pada hoki membuatnya amat bersemangat untuk memajukan pertumbuhan hoki di SMAN Muara Kelingi dan Kabupaten Musi Rawas.

Apa yang disampaikan Robi dibenarkan oleh anggota tim Hoki yang dibinanya.

Sekalipun dengan alat seadanya, atlet hoki SMAN Muara Kelingi memiliki semangat besar untuk meregenerasi dan berprestasi.

Di UNJ tersebut, nantinya atlet hoki SMAN Muara Kelingi akan bertanding juga dengan Tim Hoki Pelajar dari Malaysia dan Singapore. Hal inilah yang menambah kesyukuran anak binaan Robi Yozanta itu.

Mendengar apa yang disampaikan Kepala SMAN Muara Kelingi, Guru Pembina Hoki dan Atlet Hoki, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan memberikan apresiasi yang besar.

“Apapun potensi masyarakat dan anak muda di Kabupaten Musi Rawas. Kami siap mendukung. Asal komunikasi dan informasinya cepat. Sayang selama ini pertumbuhan hoki di SMAN Muara Kelingi ini tidak termonitor. Salah satu penyebabnya, mungkin karena SMA sudah dialihkan pengelolaannya ke Provinsi Sumsel,” jelasnya.

Namun, secara administrasi dan tugas, kata H Hendra Gunawan tetaplah di Kabupaten Musi Rawas. Oleh karena itu, ia meminta tim hoki yang sudah cukup solid dan mengharumkan nama Musi Rawas beberapa kali ini mulai berkoordinasi intensif dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Musi Rawas.

Di hadapan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Musi Rawas Heriyanto, Perwakilan KONI Musi Rawas, Sekretaris Disdik Musi Rawas Irwan Evendi dan unsur OPD lainnya. Bupati meyakini, keberhasilan yang dicapai atlet Hoki SMAN Muara Kelingi ini tidak terlepas dari ketepatan dalam memilih dan memberdayakan SDM yang ada.

“Pak Rifai yang sudah memilih Pak Roby yang hobi juga atlet hoki ini berbuah manis. Jadi dengan keahliannya, nama sekolah dan daerah bisa terangkat. Inilah yang patut kita apresiasi,” terangnya.

Bupati memastikan, selagi ia menjabat sebagai Bupati Musi Rawas, segala potensi anak-anak Musi Rawas harus ‘diangkat’.

Sebagai pecinta olahraga, H Hendra Gunawan mengaku belum pernah sekalipun memainkan olahraga hoki. Hal inilah yang membuatnya amat tertarik mengundang para atlet hoki yang akan berangkat bertanding ke Jakarta tersebut.

Menurut Hendra, setiap cabang olahraga itu manfaatnya sangat baik untuk kesehatan.

“Mengapa olahraga itu harus. Karena selain sehat, dengan berolahraga kita secara tidak langsung bisa belajar menjadi leader. Karena dengan olahraga inilah, sportivitas, disiplin, dan kerjasama bisa terbentuk,” imbuhnya.

Atas rasa bangga dan kesyukurannya itu, Bupati Musi Rawas langsung menginstruksikan Disdik Musi Rawas untuk memfasilitasi keberangkatan atlet hoki SMAN Muara Kelingi ini dengan bus sekolah. Pemkab Musi Rawas juga membantu Rp 10 juta untuk operasional atlet selama pertandingan. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita