Dana Kelurahan untuk Bisnis, Mantan Lurah Dibui

LINGGAUPOS.CO.ID – Sebelumnya berkas Oknum Mantan Kades Perangai diduga lakukan penyalahgunaan Dana Desa (DD) dinyatakan lengkap (P21) oleh pihak Kejaksaan, dan segera menunggu proses persidangan.

Kali ini oknun mantan Lurah Pasar Bawah,Lahag periode 2016- 2020 dilimpahkan ke Kejaksaan lantaran berkas penyidikannya telah lengkap. Tersangka bernisial ES dan berikut barang bukti, dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Lahat oleh pihak unit Pidkor Satreskrim Polres Lahat, Selasa (25/5/2021).

Kapolres Lahat AKBP Ahmad Gusti Hartono S.Ik melalui Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Kurnawi H Barmawi didampingi Kanit Pidkor Satreskrim Polres Lahat Ipda Hendra Tri Siswanto SH MSi mengatakan, bahwa tersangkanya mantan Lurah Pasar Bawah Kecamatan Kota Lahat masa jabatan 2016- 2020, Edi Sahrun SE (inisial SE).

Dalam perkara dugaan korupsi Dana Kelurahan Pasar Bawah tahun 2019 yang secara nasional digelontorkan secara perdana. ES dijerat pasal 2 subsider pasal 3 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sebelumnya dana Kelurahan untuk Kelurahan Pasar Bawah sebesar Rp370 juta. Kemudian dicairkan tahap pertama sebesar Rp185 juta. Dari pengakuan tersangka sebagian besar digunakan untuk bisnis aspal dan tukar menukar uang plastik pecahan Rp100 ribu namun ditipu rekanan.

Lalu juga untuk kepentingan pribadi. Dari hasil audit inspektorat, ternyata tersangka diduga telah menyebabkan kerugian negara sekitar Rp184.050.000 juta dari dana Rp185 juta yang digelontorkan tersebut. Atas kasus tersebut, pencairan tahap kedua tak bisa dicairkan.

Setelah dilakukan penyelidikan hingga naik ke penyidikan. “Berkas akhirnya dinyatakan lengkap (P21) dan tersangka berikut barang bukti kita limpahkan ke kejaksaan negeri Lahat untuk selanjutnya bisa disidangkan,” ungkap Kanit Pidkor Satreskrim Polres Lahat, Ipda Hendra Tri Siswanto SH M.Si yang sebelumnya bertugas sebagai penyidik Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sumsel ini, Selasa (25/5/2021) ditemui di Kejaksaan Negeri Lahat.

Pelimpahan tersangka diterima langsung oleh l Kasi Pidsus Kejari Lahat Anjasra Karya SH bersama Kasi Intel Kejari Lahat Faisyal Basni SH.(sumeks.co)

Rekomendasi Berita