oleh

Dana Desa 2018 Diprediksi Naik

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018 diprediksi akan mengalami kenaikan. Tapi kenaikan anggaran bukan dari pagu anggaran, melainkan dari bidang-bidang penggunaan DD.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, Kipli Ibrahim melalui Kabid Pemerintah Desa (Pemdes), Ridho Oktaviano membenarkan rencana kenaikan anggaran DD. Ia menegaskan kenaikan bukan pagu dasar tapi dari bidang seperti pemberdayaan.

“Tahun 2018 ada kenaikan tapi bukan dari pagu dasar tapi bidangnya yang naik,” kata Ridho, Kamis (30/11).

Rinciannya, lanjut Ridho, masih akan berkoordinasi kembali ke kementerian, bahkan pihaknya sendiri akan berkoordinasi dengan pendamping desa perihal sumber daya tahun depan. Sebab para pendamping desa jelas mengetahui aturan dan mekanisme dari Kementerian.

“Total DD dari 147 desa se-Kabupaten Empat Lawang, Rp 112 miliar,” sebutnya.

Namun ingat, tambah Ridho, meskipun ada kenaikan dari bidang dalam DD perlu diketahui dan dihimbau kepada semua Kepala Desa (Kades) untuk lebih waspada dan hati-hati dalam penggunaan DD mengingat belakangan ini sudah ada dua Oknum Kades jadi tersangka terkait DD.

“Minta kepada kades kedepan agar lebih berhati-hati dalam penggunaan DD. Apabila memang ada yang tidak mengerti ataupun masih ragu silakan berkoordinasi dengan pendamping desa maupun kepolisian dan kejaksaan,” jelasnya.(04)

Komentar

Rekomendasi Berita