oleh

Damkar dan Penanggulangan Bencana Bakal Dipisah

LUBUKLINGGAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau bakal menambah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Lubuklinggau. Pasalnya, saat ini penanggulangan bencana masih tergabung dalam Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Lubuklinggau, sehingga dinilai kurang efektif dan perlu dilakukan pemisahan atau pemekaran organisasi.

Diakui Kepala Damkar Kota Lubuklinggau, Kgs Effendi Feri sudah berkoordinasi dengan Bagian Organisasi Setda Kota Lubuklinggau. Bahkan, saat ini sedang di proses pengajuan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Menurut Effendi Feri, jika memang terjadi pemekaran maka Damkar Kota Lubuklinggau bakal turun tipe C. Karena salah satu bidang di dalamnya sudah dihapuskan.

“Saat ini penanggulangan bencana masuk dalam Damkar Kota Lubuklinggau, yaitu salah satu bidang. Kalau jadi pisah nanti Damkar akan jadi tipe C,” ungkap Effendi Feri, Senin (14/1).

Effendi Feri menilai Damkar dan Penanggulangan Bencana memang sudah selayaknya untuk dipisah, apalagi Kota Lubuklinggau menjadi salah satu daerah rawan bencana, seperti longsor dan angin puting beliung. Jika penanggulangan bencana menjadi OPD maka kesempatan Kota Lubuklinggau mendapat bantuan dari pemerintah pusat cukup tinggi.

“Selama ini kalau ada bencana kita hanya mengandalkan APBD, kalau dimekarkan peluang mendapatkan bantuan dari pusat sangat besar,” tambah mantan Camat Lubuklinggau Selatan II ini.(nia)

Rekomendasi Berita