oleh

DAK Dinkes Rejang Lebong Naik 100 %

LINGGAU POS ONLINE- Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020 naik dibanding tahun 2019. Tahun 2019, DAK yang diperoleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong Rp10,3 miliar. Sementara tahun 2020 mendatang diperkirakan mencapai Rp22 miliar.

“Kalau angka pastinya belum untuk 2020, namun diperkirakan Rp22 miliar,” kata Plt Kepala Dinkes Rejang Lebong, Syamsir, Kamis (28/11).

Dijelaskan Syamsir, untuk DAK tahun 2019 untuk pengadaan alat kesehatan di puskesmas serta rehab dan bangun Puskesmas. Seperti Puskesmas Talang Rimbo Lama Curup Tengah, Puskesmas Sindang Dataran dan beberapa kegiatan lainnya.

Sementara DAK tahun 2020 mendatang, juga untuk pengadaan alat kesehatan, pembangunan dan rehab Puskesmas Perumnas, Puskesmas Curup dan beberapa kegiatan lainnya.

Syamsir menargetkan, puskesmas-puskesmas yang berada di kawasan jauh bisa jadi puskesmas rawat inap. Saat ini, sambungnya, setidaknya sudah ada tujuh puskesmas yang rawat inap dan selebihnya masih dalam proses.

“Kami menargetkan seluruh puskesmas yang berada di kawasan jauh bisa rawat inap semua, kalau yang dekat bisa ke rumah sakit,” tambah Syamsir.

Laporan Syamsul Ma’arif

Rekomendasi Berita