oleh

Daftar Pilkades, El Rizawati Hadirkan Program Pro Masyarakat

LINGGAUPOS.CO.ID – Berangkat dari banyaknya permasalahan serta belum maksimalnya pembangunan ditingkat Desa membuat El Rizawati terketuk hatinya untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Kepala Desa (Kades) Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri.

Bahkan, salah satu Srikandi Leban Jaya ini siap akan meningkatkan pembangunan disegala lini dengan mengajak warga untuk bangkit bersama untuk mewujudkan perubahan.

“Alhamdulilah hari ini saya memastikan untuk maju sebagai calon Kades Leban Jaya dan telah mendaftar kepada panitia dengan membawa berkas pencalonan,”jelas Riza sapaan akrabnya kepada Silampari Online, Senin (15/2/2021).

Dikatakannya, majunya sebagai calon Kades bukan serta merta begitu saja. Melainkan, disamping karena permintaan masyarakat sekaligus melihat banyaknya permasalahan ditingkat Desa baik belum maksimalnya pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) di Desa, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pembangunan antar Dusun yang belum merata.

Selain itu, dibidang Pemerintahan Desa juga diakui harus perlu pembenahan, bidang kepemudaan yang selama ini terkesan tidak dilibatkan maupun bidang lainnya.

Mengenai visi dan misinya maju sebagai calon Kades sendiri. Maka wanita yang berlatar belakang sebagai pendidik atau guru honorer ini mengakui untuk misi sendiri yakni bangkit bersama wujudkan perubahan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih menuju Desa Leban Jaya yang Adil, Makmur, Sejahtera dan Bermartabat.

Kemudian, untuk Misi sendiri ada 12 diantaranya Menciptakan Pemerintah Desa yang tanggap terhadap aspirasi masyarakat dengan meningkatkan pelayanan publik dan memberikan keterbukaan informasi serta menerapkan program gratis dari Pemerintah seperti adminitrasi kependudukan (Adminduk) baik pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga, kartu tanda penduduk (KTP), kartu identitas anak (KIA) dan lainnya.

Selain itu, misi lainnya yakni meningkatkan sinergisitas dan pemerataan dalam proses pembangunan sarana dan prasarana umum yang terarah agar tidak terjadi kesenjangan sosial guna mendukung kelancaran perekonomian masyarakat.

Menyalurkan program dari Pemerintah kepada masyarakat yang layak membutuhkan, Melakukan reformasi sistem kinerja aparatur pemerintah desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Meningkatkan peran serta ulama dalam proses pembangunan agar tercapai masyarakat yang religius, Memaksimalkan peran serta kepemudaan dan PKK dalam pembangunan Desa, mengalokasikan anggaran untuk kegiatan keolahragaan baik ditingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten.

Ia menambahkan misi berikutnya yakni Optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi desa.

Meningkatkan kemampuan pengelolaan serta transparansi aset desa. Mewujudkan peningkatan hasil tani dan pengolahan hasil pertanian serta menumbuhkan dan mengembangkan UMKM.

Meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memberikan santunan kesehatan dan santunan kematian bagi warga Desa Leban Jaya dan terakhir yakni meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi anak yang berprestasi yang tidak mampu baik jenjang SD, SMP maupun SMA. (*)

Rekomendasi Berita