oleh

Daftar Kada Anggota DPRD Tak Perlu Mundur

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan H Toyeb Rakembang, yang sudah menyerahkan syarat pencalonan Walikota Lubuklinggau dari jalur perseorangan. Belum diminta, untuk melampirkan surat pengunduran dirinya sebagai anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas. Sebab, untuk saat ini yang bersangkutan belum pasti maju sebagai calon Walikota Lubuklinggau, karena belum ditetapkan sebagai calon, serta baru daftar.

“Syarat dari pak Toyeb akan kita verifikasi dahulu, apakah sudah memenuhi persyaratan atau belum. Jadi, untuk saat ini kita belum minta surat pernyataan mundurnya ia sebagai anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas,” kata Efriadi Suhendri, Selasa (28/11).

Tapi, dilanjutkan Eef, ketika sudah ditetapkan sebagai calon Walikota Lubuklinggau, bersama dengan kandidat yang maju lewat jalur partai politik (parpol), maka H Toyeb Rakembang diharuskan telah mundur dari jabatannya sebagai legislator.

“Itu aturan tentang pencalonan. Aturan ini, bukan hanya berlaku untuk anggota DPRD Kabupaten/Kota, tapi juga berlaku untuk kandidat yang masih berstatus PNS hingga TNI/Polri,” ulasnya.

Sementara H Toyeb Rakembang mengatakan kalau ia sudah siap mundur sebagai anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, dan itu merupakan konsekuensi logis karena dirinya sudah bertekad untuk menjadi Walikota Lubuklinggau di periode 2018-2023.

“Saya sudah bakar kapal, dan tidak mungkin lagi kembali ke belakang. Bagaimana saya mau kembali sementara kapal sudah dibakar,” kata Toyeb.

Menurut dia, dilakukannya hal itu hanya untuk mengabdi kepada masyarakat secara utuh, dan hal itu tidak bisa ia lakukan kalau hanya menjadi legislator.

“Target kita menang dan dilantik, percuma menang tapi tidak dilantik,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita