oleh

Daftar Job Fair Secara Online

LINGGAU POS ONLINE– Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Lubuklinggau akan menggelar Job Fair atau Pameran Bursa Kerja 18-19 Oktober 2019. Pusatnya di Atrium Lippo Plaza Lubuklinggau.

Saat diwawancara Selasa (8/10), Kepala Disnaker Lubuklinggau, H Purnomo menjelaskan Job Fair terbuka untuk umum dan disabilitas. Dengan syarat pendaftar mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah dan Kartu Tanda Pencari Kerja atau AK-1.

“Untuk pembuatan AK-1 akan kami layani dengan membuka stan pembuatan AK-1 saat Job Fair nanti,” katanya.

Purnomo juga menjelaskan hingga saat ini sudah ada 35 perusahaan yang terdaftar mengikuti Job Fair 2019.

“Tapi 35 perusahaan ini belum final, karena kita lihat dulu stannya, jika memungkinkan stan yang ada 35, maka 35 perusahaan yang terdaftar ini akan kita ikutkan semua. Tapi jika tidak memungkinkan, akan kita pilih kembali, dan perusahaan-perusahaan yang bonafit saja. Dan 30 perusahaan dari 35 perusahaan terdaftar sudah sangat memenuhi syarat,” jelasnya.

Selain itu, imbuh Purnomo, ada perusahaan baru di Muratara yang bergerak di bidang pertambangan juga turut berpartisipasi dalam Job Fair 2019.

“Job Fair tahun ini langsung dimonitor oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, karena semua perusahaan yang ikut dalam Job Fair ini harus mendaftarkan perusahaannya di website e-bursakerja.kemnaker.go.id dan mengisi daftar lowongan yang ditawarkan. Serta semua perusahaan diwajibkan melaporkan hasil seleksi pencari kerja di website e-bursakerja.kemnaker.go.id,” jelasnya.

Selain itu, para pencari kerja yang mengikuti Job Fair juga harus mendaftar secara online di website e-bursakerja.kemnaker.go.id, sedangkan datang ke stan hanya untuk mengantarkan berkas-berkas lamaran saja.

“Jadi Job Fair tahun ini nggak abal-abal, jumlah perekrutannya misalnya perusahaan A buka lowongan kerja sebagai staf ahli, asisten, analis dan staf administrasi dan lainnya semuanya sudah terdaftar, misalnya seperti perusahaan baru pertambangan Muratara yang membuka lowongan sebagai supir untuk 15-an orang. Dan perlu diketahui jumlah lowongan tidak dibatasi, karena semakin banyak semakin baik. Dan tidak ada perusahaan yang hanya ikut-ikutan saja, karena semua perusahaan yang ikut benar-benar dimonitoring dan sudah terdaftar di bursa kerja Kemnaker,” paparnya.

Ia menarget, 150 pencari kerja terserap dari Job Fair 2019.Sehingga mengurangi pengangguran.

“Saya berharap kepada Pemkot Lubuklinggau agar lebih banyak mendatangkan investor dari luar daerah, karena semakin banyak investor tenaga kerja yang diserap pun akan semakin banyak pula,” harapnya.

Laporan Qory Musdalifah

Rekomendasi Berita