oleh

Cungh Wang Siap Jadikan Desa Beringin Sakti Mantab

NIAT dan harapan untuk membangun desa sebagai tanah kelahiran tentu dimiliki setiap orang. Namun untuk mewujudkannya bukanlah mudah. Bahkan mustahil jika hanya sebatas angan-angan tanpa ada gebrakan dan tindakan nyata.

Beranjak dari keinginan tulus itulah, seorang putra terbaik Desa Beringin Sakti Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara, Cungh Wang memberanikan diri untuk mengikuti bursa Pemilihan Calon Kepala Desa (Kades).

Putra kelahiran Desa Beringin Sakti, Kecamatan Rawas Ilir, 40 tahun silam itu memantapkan niat untuk berbuat lebih kepada masyarakat dan desa tercintanya.

Putra pasangan Nasrudin (alm) dan Rukimah ini merupakan cucu dari Jaffar dan Nunah (Bingin Teluk).

“Saya maju sebagai calon kades ini, karena masyarakat menginginkan perkembangan pesat di Desa Beringin Sakti. Mereka berharap kemudahan dan peningkatan pelayanan, maupun peningkatan perekonomian. Hal inilah yang menjadi daya dorong penguatan niatnya untuk maju mencalonkan diri sebagai Kades. Saya terpanggil untuk memakmurkan masyarakat dan Desa Beringin Sakti,” tuturnya.

Sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat setempat, yakni Kades yang memiliki program-program yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat, seperti mampu menyediakan beasiswa kepada putra dan putri Desa Beringin Sakti baik yang pintar maupun kurang mampu. Mulai dari SD hingga tamat Sarjana (S1).

Suami Sadiniarti ini menjelaskan, masyarakat menginginkan Kades yang mampu memfasilitasi agar mendapatkan pekerjaan bahkan mampu membuka lapangan pekerjaan.

Begitu juga program sosial, seperti  rehab rumah bagi masyarakat miskin, untuk orang tua jompo dan fakir miskin, program pembangunan fasilitas dasar masyarakat dan program bantuan bibit komoditas perkebunan dan peternakan pada masyarakat

“Serta dalam hal administrasi desa, masyarakat berharap Kades mampu membantu keperluan masyarakat seperti pembuatan akta kelahiran, KTP, KK dan mudah berunding atau berasan, Kades yang sudah menanam bakti di desa,” paparnya.

Ayah dari empat bersaudara,  yakni Yusuf Athallah, Aisyah Mardiah, Abdurahman Mubarok, dan Zarah Khairunisa, bukan pria asing bagi masyarakat Desa Beringin Sakti, lantaran sejak tahun 2013 sudah dipercaya memimpin pengurus Masjid Al-Jihadul Akbar, yang merupakan masjid kebanggaan masyarakat desa Beringin Sakti.

“Alhamdulillah sejak tahun 2013 hingga sekarang dipercaya sebagai Ketua Pengurus masjid, Tentu amanah tersebut saya jaga, sehingga berbagai program maupun kegiatan keagamaan dan ke masyarakat jemaah masjid berjalan baik, sebagaimana tujuan saya tidak lain untuk memakmurkan masjid,” sebutnya.

Dijelaskannya sebagaimana visi dirinya, yakni Mewujudkan Desa Beringin Sakti menjadi desa yang Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat atau Mantab. Tentu tidak bisa apabila tidak menjalankan hal-hal yang tertuang dalam tujuh misi yakni, mewujudkan pemerintahan yang bersih, profesional, adil, transparan dan mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan, melaksanakan dan mewujudkan pembangunan yang tepat guna di segala bidang kehidupan untuk kesejahteraan masyarakat desa. Serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat agar berhasil guna dalam mendukung kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Menciptakan lapangan pekerjaan baik bekerja sama dengan pihak investor maupun menciptakan sentra-sentra ekonomi baru seperti, persawahan,peternakan,perikanan, pariwisata dan lainnya, serta meningkatkan peran BUMDes, memaksimalkan potensi SDA untuk kemakmuran dan kemandirian masyarakat.

Selanjutnya membangun sarana, prasarana tempat ibadah, dan meningkatkan kegiatan keagamaan guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sehingga membentuk masyarakat yang berakhlakul karimah dan membangun sarana dan prasarana olahraga, taman dan kepemudaan.

“Saya  siap menata ‘wajah desa’, sehingga walaupun tinggal di desa tapi cita rasa tinggal kota atau menjadikan desa terasa kota” tutur Cungh Wang.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita