oleh

Cuaca Ekstrem, Waspada Flu

Dr Dwiyana Sulistyaningrum
“Cara mengobati flu secara mandiri di rumah, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, minum paracetamol, dan vitamin C. Ini yang sering saya lakukan….”

LUBUKLINGGAU – Cuaca akhir-akhir ini sedang tidak bagus. Dalam cuaca seperti ini, kerap kali kita terjangkit penyakit flu. Flu merupakan penyakit yang terlihat sepele, namun sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pola hidup yang tidak baik dan tak teratur saja dapat menimbulkan flu.

Hal ini dijelaskan Kepala Puskesmas Citra Medika, dr Dwiyana Sulistyaningrum kepada Linggau Pos, Sabtu (19/1).

Ia menjelaskan, influenza atau flu adalah infeksi virus pada saluran pernapasan. Flu adalah kondisi yang datang secara tiba-tiba, biasanya berlangsung selama 7 sampai 10 hari.

Flu bisa hilang begitu saja dan ada yang diobati menggunakan obat-obatan alami atau obat resep. Kebanyakan kasus flu umumnya bisa sembuh sepenuhnya.

“Sebenarnya flu menandakan daya tahan tubuh kita sedang lemah. Cara mengobati flu secara mandiri di rumah, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, minum paracetamol, dan vitamin C. Ini yang sering saya lakukan. Tapi kalau benar-benar sudah mengganggu, bisa langsung ke dokter,” tutur Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Lubuklinggau ini, kemarin.

Agar tidak mudah tertular flu, dr Dwiyana menyarankan agar masyarakat, terutama orang tua tidak terlalu sering mendatangi tempat-tempat yang banyak orang bergumul.

“Apalagi bawa anak, misal ke rumah sakit, ke pasar, maupun ke kondangan, itu karena banyak perkumpulan orang di sana, mudah sekali tubuh kita terutama anak terserang flu,” imbuhnya.

Orang yang terkena virus penyebab influenza akibat menghirup udara yang sudah tercemar virus dari orang lain yang terinfeksi (misalnya melalui batuk atau bersin), atau dari menyentuh sesuatu yang sudah disentuh orang yang terinfeksi.

Influenza bisa menyebar melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi atau jika Anda memakan daging hewan tersebut.(lik)

Berita Terkait : Selalu Gunakan Masker

Rekomendasi Berita