oleh

China Semakin Ganas, AS Adakan Latihan Rudal di Okinawa

TOKYO – Militer Amerika Serikat (AS) tahun ini akan melakukan latihan rudal pertama di sekitar pulau Okinawa, Jepang. Menurut sebuah laporan Kamis (3/1), ketika Washington berupaya untuk menangkal China yang semakin tegas.

Militer AS mengatakan kepada mitranya dari Jepang, bahwa pihaknya berencana untuk mengerahkan rudal darat ke kapal di Okinawa, yang penting secara strategis tahun ini untuk latihan semacam itu pertama kali oleh sekutu utama Jepang.

“Latihan itu akan melibatkan peluncur roket bergerak yang dipandang sebagai langkah balasan terhadap serangan potensial dari rudal balistik darat ke laut Tiongkok,” kata surat kabarSankei Shimbun.

Dalam beberapa tahun terakhir, kapal perang Cina sering berlayar melalui perairan dekat Okinawa, tempat sebagian besar pasukan AS di Jepang berpangkalan.

Para ahli mengatakan, aktivitas maritim China yang semakin aktif adalah bagian dari rencana untuk membangun kendali perairan di dalam apa yang disebut ‘rantai pulau pertama’ yang menghubungkan Okinawa, Taiwan dan Filipina.

Beberapa analis meyakini, Beijing berupaya mengakhiri dominasi militer AS di Pasifik barat dengan mengerahkan kendali rantai pulau kedua, yang menghubungkan rantai pulau Ogasawara selatan Jepang, wilayah AS di Guam, dan Indonesia.

Pembentukan militer China yang cepat telah membuat tetangga-tetangga Asia gelisah, dengan kepala pertahanan Jepang tahun lalu mengatakan Cina, secara sepihak meningkatkan kegiatan militernya pada tahun sebelumnya. Beijing menegaskan kegiatan itu untuk pertahanan diri.

Meskipun persaingan militer meningkat, AS dan Cina adalah mitra dagang terbesar masing-masing dan Cina adalah salah satu pemegang utang nasional AS terbesar.

Namun, ketidakseimbangan perdagangan bilateral besar-besaran telah menyebabkan gesekan antara dua ekonomi utama dunia, dengan Washington dan Beijing mengenakan tarif mahal untuk barang-barang senilai lebih dari USD 300 miliar dalam total perdagangan dua arah tahun lalu. (der/fin)

Rekomendasi Berita