oleh

CFD Bukan Hanya Tanggung Jawab Dishub

LUBUKLINGGAU – Car Free Day (CFD) saat ini kurang diminati masyarakat, pasalnya kegiatan di area CFD dinilai monoton. Area CFD di Kota Lubuklinggau berada di Jalan Garuda tepatnya depan Masjid Agung As-Salam hingga Simpang RCA.

Hal ini diakui Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Lubuklinggau, Abu Ja’at kepada wartawan, Rabu (30/1). Menurut mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Lubuklinggau ini menyukseskan CFD bukan hanya tanggung jawab Dishub Kota Lubuklinggau saja, melainkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Ini mengacu pada Peraturan Walikota (Perwal) Lubuklinggau No.29 Tahun 2013 tentang Penetapan Jadwal dan Lokasi Kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau CFD Kota Lubuklinggau. OPD terkait lainnya seperti Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang bertanggung jawab untuk kegiatan olahraga di dalamnya, seperti senam atau lainnya.

Selain itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kota Lubuklinggau terkait ketertiban pasar dan pedagang di sepanjang jalur CFD. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau dapat berpartisipasi dengan memberikan layanan kesehatan, selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terkait pertamanan sepanjang jalur CFD.

Tidak hanya itu, Dinas Perpustakaan Kota Lubuklinggau juga bisa berpartisipasi dengan menempatkan mobil perpustakaan keliling. Begitu juga dengan Badan KB dan PP Kota Lubuklinggau bisa memberikan pelayanan atau penyuluhan KB.

“Jadi CFD ini bukan hanya tanggung jawab kami, semua OPD bertanggung jawab. Termasuk Polres khususnya Bidang Lantas,” tegas Abu Ja’at.

Menurut Abu Ja’at, semakin banyak kegiatan di dalam CFD maka animo masyarakat akan semakin tinggi. Dampaknya akan semakin luas, OPD di lingkungan Pemkot Lubuklinggau bisa langsung menyosialisasikan semua program Pemkot Lubuklinggau ke masyarakat.

Abu Ja’at juga meminta camat dan lurah untuk mengajak masyarakatnya untuk mengikuti CFD.

“Dari Dinkes bisa sosialisasi program kesehatan, Disdukcapil bisa sosialisasi terkait administrasi kependudukan, ini wadah untuk sampaikan semua program ke masyarakat,” pesan Abu Ja’at. (nia)

Rekomendasi Berita