oleh

Cetak Sejarah, Suami Istri Jadi Kades di Musi Rawas

LINGGAUPOS.CO.ID – Pasangan suami istri (Pasutri) Internasional dan Ririn Eka Wati, mencetak sejarah di Kabupaten Musi Rawas, karena sama-sama menjadi Kepala Desa (Kades).

Internasional yang biasa dipanggil Ronal adalah Kades Babat Kecamatan STL Ulu Terawas, sementara istrinya Ririn Eka Wati terpilih sebagai Kades Sumber Karya Kecamatan STL Ulu Terawas, dalam Pilkades, Kamis (8/4/2021).

“Saya memasuki empat tahun menjadi Kades. Istri saya memang berasal dari Sumber Karya, tepatnya dari Kampung V,” jelasnya kepada lingggaupos.co.id, Sabtu (10/4/2021).

Diceritakannya, sejak 2007 lalu Ririn ikut dirinya ke Babat, yakni setelah menikah. Kemudian ia pun mencalonkan Kades di Babat, dan menang. “Karena saya menang Pilkades, istri saya mengatakan bahwa kemungkinan bisa juga menang Pilkades di Sumber Karya,” ia menjelaskan.

Asumsinya, keluarga mereka banyak di Sumber Karya, kemudian daerah Kampung IV tempat mertuanya tinggal belum ada kades dari daerah sana. Sehingga ketika Pemkab Musi Rawas melaksanakan Pilkades serentak 2021, Ririn Eka Wati pun mendaftar.

Ada delapan bakal calon yang mendaftar, sementara calon hanya boleh lima orang. Akhirnya dilakukan seleksi oleh DMPD Musi Rawas, hingga ditetapkan lima orang Bakal Calon.

“Istri saya satu satunya calon perempuan di Sumber Karya, bahkan satu satunya perempuan di Kecamatan Terawas. Bahkan incumbent tidak lolos seleksi, makanya tidak ikut dalam pemilihan,” kata Ronal.

Ririn Eka Wati diketahui menang Pilkades setelah mengungguli empat kandidat lainnya. Ririn memperoleh 399 suara, sehingga dipastikan akan memimpin desa Sumber Karya.

”Terimakasih kepada keluarga yang telah mensupport selama ini, tim pemenangan yang sudah bekerja tanpa pamrih dan kepada masyarakat desa Sumber Karya terimakasih karena sudah memilih saya untuk enam tahun mendatang,” ungkap Ririn.

Dalam kesempatan tersebut Ririn Eka Wati menyatakan dirinya tetap komit dengan apa yang sudah menjadi programnya semasa kampanye yang salah satunya yakni penggratisan surat menyurat untuk warga dan pengadaan mobil ambulans.

”Terkhusus kepada masyarakat Sumber Karya kami mohon kerjasama agar kedepan program kepala desa dan masyarakat dapat satu visi dan misi ” tutup kedua suami-istri ini.(*)

Rekomendasi Berita