oleh

‘CERDIK’ Ampuh Cegah Hipertensi

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Pagi ini, Sabtu (25/11) ratusan tim dari perwakilan puskesmas, rumah sakit maupun klinik akan mengikuti Lomba Senam CERDIK. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Lubuklinggau Idris, salah satu korelasi dari event tersebut mengingatkan kepada masyarakat untuk ‘CERDIK’ dalam mencegah penyakit hipertensi. Mengapa demikian?

Usai Senam Sehat Bersama memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Lapangan Eks Kompi, Jumat (24/11), Idris menerangkan CERDIK, kepanjangan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

“CERDIK diyakini mampu jadi solusi pencegahan timbulnya penyakit tidak menular. Karena dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprogramkan itu. Terutama mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi),” jelas Idris.

Selain dengan CERDIK, Dinkes juga menggiatkan program Promosi Kesehatan (Promkes).

“Jadi kami memberikan penyuluhan bagi masyarakat bagaimana cara mengelola kesehatan, saat kita sudah dinyatakan hipertensi. Bukan hanya pengendalian, kami juga konsentrasi pada pencegahan hipertensi,” jelasnya.

Terpisah, dr H Mast Idris Ustman E menambahkan, hipertensi yang tidak terkontrol bisa menyebabkan pembengkakan pada jantung.

Bahkan hipertensi juga bisa menyebabkan stroke dan gagal ginjal.

“Maka, disarankan kita rutin kontrol ke Faskes Tingkat I, baik ke puskesmas maupun dokter keluarga. Agar kita tahu bagaimana kondisi kesehatan kita,” saran Direktur RS Siti Aisyah Lubuklinggau ini.

Menurut dr H Mast Idris, berapa pun umur seseorang, tekanan darahnya masuk kategori normal jika 120/80. Sementara kalau sudah 140/90 ke atas itu sudah hipertensi.

“Untuk mencegah agar tidak hipertensi, hindari makanan yang terlampau asin. Sedangkan bagi pasien yang sudah didiagnosa hipertensi ya minum obat yang diresepkan dokter, dan hindari merokok. Sebab, perlu saya tegaskan semakin anda merokok, akan semakin hipertensi. Saran saya, jauhilah rokok demi kebahagiaan anak cucu kita,” pintanya.

Hipertensi termasuk dalam penyakit regeneratif. Sehingga jumlah penderitanya pun tergolong banyak.

“Cara pencegahannya ya bisa dengan CERDIK. Diharapkan dengan merealisasikan pola hidup CERDIK, penyakit hipertensi tidak lagi menjadi masalah. Dan kita perlu mewaspadai setiap gejala hipertensi yang mungkin pernah dialami. Seperti sakit kepala, mimisan, hingga mual muntah. Ketika sudah mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan,” jelasnya.

Selain Senam CERDIK, besok (Minggu, 26/11) panitia Hari Kesehatan Nasional juga akan menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis, pemasangan alat kontrasepsi dan pemeriksaan dan konsultasi gigi gratis. Lokasinya masih di tempat yang sama, Lapangan Basket Eks Kompi, Jl Yos Sudarso, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita