oleh

Cek Realisasi DD, Bupati Serap Aspirasi

LINGGAU POS ONLINE, TUGUMULYO – Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan terus gencar lakukan monitoring realisasi Dana Desa (DD). Terbukti, ia kembali datangi Desa G2 Dwijaya, Kecamatan Tugumulyo, Kamis (15/2).

Selain memonitoring realisasi DD, Hendra Gunawan kedatangannya juga dilakukan, untuk berkoordinasi serta menyerap aspirasi masyarakat di desa yang ia kunjungi.

“Saya minta masyarakat bersama-sama menjaga dan memelihara semua infrastruktur yang sudah dibangun. Jangan sampai dana yang sudah dikucurkan, disia-siakan saja,” jelas Hendra Gunawan kepada masyarakat saat bertatap muka dengan masyarakat.

Hendra sapaan bupati Musi Rawas melanjutkan, untuk saat ini pemerintah sedang gencar melaksanakan Aksi Rabu Bina Desa (Akrab) serta program Aksi Lihat Monitoring (Alim).

“Jadi, setiap hari Rabu semua pihak bersama-sama belajar bagaimana membuat laporan keuangan desa, administrasi keuangan yang baik serta pertanggungjawaban keuangan. Lalu, setiap hari Jumat serempak dengan kegiatan rutin safari Jumat. Tingkat keberhasilan dari pembangunan yang ada di desa itu tidak terlepas dari peran aktif ibu-ibu TP PKK,” jelasnya.

Diharapkan, ibu-ibu TP PKK dapat memanfaatkan setiap jengkal tanah yang ada di desa seperti perkarangan rumah untuk dapat dijadikan lahan menanam dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang diolah menjadi media tanam.

“Mari kita terus bersatu padu untuk membangun desa. Kompak, terus semangat dan terus lestarikan budaya gotong royong yang merupakan warisan dari nenek moyang kita. Harapan saya mari jadikan setiap kesalahan pada tahun-tahun sebelumnya sebagai pelajaran bagi kita. Agar semua untuk menjadi yang lebih baik kedepan dalam membangun desa,” tegas dia.

Ia mengharapkan, tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan DD tidak lepas dari empat unsur, yaitu perencanaan (Planning) yang matang melalui Musrenbangdes bersama-sama di tingkat desa. Untuk menentukan skala prioritas pembangunan kedepan.

Lalu, Organisasi atau susunan perangkat kepanitiaan dalam pelaksanaan kegiatan yang disesuaikan dengan keahlian masing-masing dari masyarakat. Actuating atau pelaksanaan di mana di dalam pelaksanaan harus sesuai dengan perencanaan yang sudah disusun dan di sepakati secara bersama.

Control/Monitoring yaitu yang sekarang terus dilaksanakan bersama-sama Bupati, Camat ataupun Kepala Desa beserta perangkatnya terus dilaksanakan pengawalan dan monitoring di setiap kegiatan yang ada di desa.(19)

Rekomendasi Berita