oleh

Cek Patok Batas Muratara-Muba

Tunggu Pemprov Sumsel

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Pasca pemasangan sebanyak 15 patok pilar perbatasan antara Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dengan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), pekan ketiga Desember 2017 lalu. Selanjutnya Pemerintah dalam hal ini Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah bersama pemerintah kecamatan melakukan pengecekan.

Adapun pemasangan 15 titik patok pilar tersebut di wilayah Desa Beringin Makmur II dan Desa Ketapat Bening Kecamatan Rawas Ilir.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Staf Tapem Setda Kabupaten Muratara, Hendriswandi melalui akun pribadinya.

Menurutnya, untuk patok pilar sudah dipasangkan sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 76 Tahun 2014 tentang Penegasan Batas Daerah.

Bahwa pembangunan pilar batas yang telah selesai pelacakan koordinatornya dipersilakan dan selama tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku (Poin 4 surat dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada Bupati Muratara), selanjutnya setelah dipasang Tim PBD Provinsi Sumsel akan memeriksa juga hasil tersebut nantinya.

“Pemeriksaan kami laksanakan bersama Kanit Intel dan Tim Polres Musi Rawas, Kapolsek Rawas Ilir, dan Camat Rawas Ilir, Pada Kamis (28/12) lalu,” sampainya.

Sementara itu, Asisten Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Muratara, Tarmizi membenarkan untuk patok pilar sudah dipasangkan oleh bagian Tapem bersama Polsek Rawas Ilir dan Camat Rawas Ilir.

“Ada 15 titik patok pilar yang dipasangkan di dua Desa, Beringin Makmur II dan Ketapat Bening, sesuai dengan Permendagri No.76,” kata dia saat diwawancarai, Senin (1/1).

Untuk selanjutnya, akan dilakukan pencegahan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Tinggal menunggu jadwal kapan mereka akan turun.

Begitu juga Kasubag Tapem Setda Kabupaten Muratara, Alexander menambahkan, pemasangan selain daripada Permendagri No. 76 tersebut adanya surat Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Selatan tanggal 21 April 2017 lalu. Tentang pemasangan patok pilar. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita