oleh

Cek Lokasi, ini Tempat Tes CPNS Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara

LINGGAU POS.CO.ID– Sejumlah Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mulai memastikan Tempat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dijadwalkan berlangsung akhir Januari 2020. Khusus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akan dipusatkan di SMKN 2 Lubuklinggau. Tepatnya di Jalan Garuda Kelurahan Lubuk Aman, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Kabar ini dibenarkan Kepala BKPSDM Muratara, Ralin Jufri, Minggu (12/1). “Iya benar lokasi seleksi kita di sana (SMKN 2 Lubuklinggau),” kata Ralin saat dikonfirmasi.

Sebelumnya dikabarkan bahwa BKPSDM mensurvei dua lokasi sebagai bakal tempat seleksi CPNS, selain di SMKN 2 Lubuklinggau lokasi di Muratara juga disurvei dan pemilihan lokasi ditentukan berdasarkan kesiapan tempat.

“Kata survei dan lihat di mana yang siap, kalau MenPAN menyarankan dilaksanakan di lokasi daerah masing-masing, tapi kesiapan akan menjadi tolak ukur sebagai lokasi,” jelas Ralin.

Sementara Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau, Zulfikar menyampaikan sampai saat ini, pihaknya belum mendapatkan jadwal resmi penyelenggaraan tes CPNS 2019.

“Besar kemungkinan di awal Februari 2020 tapi untuk tanggalnya belum pasti. Kita masih menunggu dari BKN. Kalau persyaratan mengikuti tes kemungkinan sama seperti tahun-tahun sebelumnya seperti membawa kartu peserta dan berpakaian rapi dan sopan. Kalau syarat tambahan lebih lanjut belum ada dari BKN,” tuturnya.

Zul menambahkan alasan memilih SMKN 2 menjadi lokasi tes ujian CPNS karena laptop atau komputer yang tersedia sudah siap 180 unit. Namun jika jadwal tes CPNS bertepatan dengan UNBK, lokasi ujian dipindahkan ke SMPN 2.

“Hanya ada 2 pilihan lokasi ujian yang fix. Kalau jadwal tes CPNS tidak bertepatan dengan UNBK, lokasi tes tetap di SMKN 2. Kalau bentrok jadwal UNBK dan tes CPNS, maka lokasi tes dipindahkan ke SMPN 2. Di sana fasilitas untuk tes juga sudah lengkap,” jelasnya.

Sementara Kepala SMKN 2 Lubuklinggau, Eriani menyebut pihaknya sudah siap untuk jadi tuan rumah tes CPNS baik untuk Kota Lubuklinggau maupun Kabupaten Muratara.

“Soal persiapan, kami sudah melakukan rehab keseluruhan laboratorium komputer. Ini kami lakukan bukan untuk tes CPNS-nya. Melainkan memang sudah ada program untuk rehab,” jelas Eriani.

Pihaknya juga sudah menyediakan sarana untuk mendukung Pemkot Lubuklinggau maupun Pemkab Muratara yang memperayakan SMKN 2 jadi tempat ujian SKD.

“Kalau tidak salah, dari informasi yang saya dapat memang disarankan untuk menggunakan sarana dan fasilitas yang sudah ada. Artinya tidak ada dana khusus yang besar dari pemerintah seperti tahun 2014,” jelasnya.

Sebab, tahun 2014 SMKN 2 Lubuklinggau juga tuan rumah tes CPNS. Saat ini, SMKN2 Lubuklinggau punya 5 server, 6 unit HUB kapasitas 1.000, dan 130 laptop. Sekolah ini juga memiliki halaman parkir sangat luas.

Menurut Eriani, kemungkinan besar SKD akan berlangsung awal Februari 2020. “Nanti sepertinya gantian, antara peserta SKD Lubuklinggau dan Muratara. Sebab, rentang waktu penyelenggaraan SKD juga cukup panjang,” imbuhnya.

Tes SKD Per Hari 5 Sesi

Kepala BKPSDM Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Rudi Irawan melalui Kabid Pengangkatan, Weltinus mengatakan dari  jumlah peserta tes CPNS dengan 8.018 peserta yang lulus tes administrasi dan  yang mengikuti SKD 7.274  peserta.

Saat ini, pihak BKPSDM Mura sedang menunggu jadwal SKD dari BKN pusat.

Tempat tes SKD PNS di Mura akan diselenggarakan di  SMP Negeri 1 Megang Sakti,  Jalan Kemuning, Megang Sakti 1, Kecamatan Megang Sakti. “Sekarang persiapan sudah siap, mulai dari komputer, internet untuk tes menggunakan CAT dan kedepannya mudah-mudahan tidak ada kendala” ungkapnya.

Rencana pelaksanaan tes SKD akan di laksanakan selama 11 hari, setiap hari ada  5 sesi, per sesi sebanyak 150 peserta. (*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul “SKD Muratara di SMKN 2 Lubuklinggau”

 

Rekomendasi Berita