oleh

Cek Kolesterol, Cegah Serangan Jantung

LUBUKLINGGAU – Makanan yang didominasi oleh santan, gula, minyak, bumbu penyedap, dan bahan makanan serba daging kerap disantap saat menghadiri acara pernikahan, khitanan, maupun akikah. Apalagi saat weekend, aktivitas bersilaturahmi makin banyak. Aneka hidangan ini pun enggan untuk dilewatkan.

Namun, risiko jelas muncul saat Anda mengonsumsi makanan tersebut, salah satunya kolesterol.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Ahmar Kurniadi, Sp.PD menjelaskan kolesterol adalah faktor penting yang menyebabkan penyakit pada pembuluh darah. Jika penyumbatan terjadi di jantung, maka akan terkena serangan jantung.
Jika menyerang otak, maka akan terkena stroke.

Oleh karena itu, pemeriksaan kolesterol harus sering dilakukan. Kalau kolesterol tinggi, harus dinormalkan.

Mengenai pola makan, dr Ahmar menyarankan, makanan berlemak dan mengandung karbohidrat adalah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Ia menyarankan, masyarakat lebih baik mulai mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencegah kolesterol yang terlalu tinggi. Selain itu, olahraga juga harus dilakukan rutin. Lalu terapkan lima gaya hidup sehat bantu jaga lemak darah.

“Perbaiki pola makan, olahraga teratur, istirahat cukup, dan cek teratur kadar lemak darah,” sarannya.

Dr Ahmar menjelaskan, ciri-ciri kolesterol tinggi bisa didiagnosis dengan tes darah yang disebut panel lipid. Dokter akan mengambil sampel darah dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dianalisis.  Dokter juga akan meminta pasien untuk tidak makan atau minum apapun setidaknya selama 12 jam sebelum tes.

Kadar kolesterol yang dianggap normal oleh CDC, jika Kolesterol LDL: kurang dari 100 mg/dL, Kolesterol HDL: 60 mg/dL atau lebih tinggi dan Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.

Kolesterol total pasien umumnya dianggap “tinggi” jika di atas 240 mg/dL. Kolesterol LDL Anda umumnya dianggap “tinggi” jika di atas 160 mg/dL. Dan Kolesterol HDL Anda umumnya dianggap “buruk atau terlalu rendah” jika di bawah 40 mg/dL.(lik/dys)

Berita Terkait : Ampuh Turunkan Kolesterol

Rekomendasi Berita