oleh

Cegah Pencurian, Warga Mesat Seni Ronda Malam

LINGGAU POS ONLINE, MESAT SENI – Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) menjadi peran serta masyarakat menciptakan suasana yang aman, tertib. Serta meminimalkan ancaman kriminalitas di suatu daerah.

Sama halnya dilakukan oleh warga Kelurahan Mesat Seni, Kecamatan Lubuklinggau Timur II mencegah tindak kriminalitas.

Ari (35) warga Kelurahan Mesat Seni mengatakan bahwa di daerah mereka sering sekali terjadi kemalingan, adapun daerah yang sering terjadi pencurian adalah di sekitar perumahan Mesat Seni.

Hal ini dikarenakan tempat tersebut suasananya masih sepi dan kurangnya penerangan lampu jalan, untuk itu para warga di sekitar rutin melakukan ronda malam.

“Aku tinggal di sebelah Kantor Lurah Mesat Seni. Selama aku tinggal di sini sering terjadi kemalingan, terutama di sekitar perumahan Mesat Seni, karena di sana tempatnya masih sepi dan agak gelap,” kata Ari, Minggu (26/11).

Pria berpostur tubuh sedang ini menjelaskan, sebelumnya pernah terjadi dalam seminggu empat kali pencurian dengan rumah warga yang berbeda karena warga belum melakukan ronda malam.

“Setelah kejadian itu, para warga serta RT sepakat untuk membagi tugas dalam menggalakan tugas ronda malam. Selain untuk menjaga keamanan bersama, adanya ronda malam juga dapat lebih mempererat silaturahmi para warga,” jelas Ari.

Lebih lanjut, Ari menjelaskan, setelah rutin melakukan kegiatan ronda malam sejak itulah jarang bahkan tidak peran terjadi pencurian.

“Namun walaupun demikian. Kami tidak akan lengah akan tetap melakukan ronda malam guna mencegah aksi pencurian seperti sebelumnya,” tutupnya.(CW02/16)

Komentar

Rekomendasi Berita