oleh

Cegah Karhutlah, Bupati ‘Gaul’ Buat Tiga Komik Inspiratif

Genjot Siswa Bisa Masuk PTN Favorit

LINGGAU POS ONLINE, SEKAYU – Meski disibukkan dengan agenda pemerintahan yang padat, tetapi tak menyurutkan langkah Bupati Musi Banyuasin (Muba), H Dodi Reza Alex Noerdin menuangkan karya seninya dalam bentuk buku bergambar atau komik. Tak tanggung-tanggung, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatera Selatan (Sumsel) ini membuat tiga komik sekaligus dalam kemasan trilogi.

Ketiga komik tersebut diantaranya berjudul Indahnya Hutan di Musi Banyuasin, Jika Hutanku Terbakar, dan Setelah Api Padam.

“Sasarannya mengedukasi pelajar di Muba supaya turut serta menjaga lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Diceritakan Dodi, dirinya membuat komik tersebut terinspirasi dengan kondisi hutan di Muba yang sempat mengalami kebakaran hebat beberapa tahun lalu.

“Jadi, komik ini akan disebar ke seluruh sekolah jenjang SD-SMA sederajat di Muba agar upaya pencegahan dan penjagaan lingkungan di Muba bisa diterapkan juga oleh anak-anak di Muba,” ungkap Bupati pertama di Indonesia yang berhasil membuat komik trilogi ini.

Lanjutnya, kemasan bahasa dan gambar komik trilogi tersebut di desain menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak.

“Finishingnya saya melibatkan komikus dengan gambar-gambar yang menarik,” imbuhnya.

Dijelaskan Dodi, menyelesaikan komik trilogi tersebut dirinya hanya menghabiskan waktu dua bulan.

“Ya, kalau ada waktu senggang saya kejar untuk menulis naskahnya, tapi setiap malam pasti saya sempatkan diri untuk menulis,” ulasnya.

Ia menambahkan, saat ini komik trilogi tersebut sudah dicetak sebanyak seratus ribu eksemplar untuk kemudian disebar ke sekolah-sekolah.

“Saya juga sudah koordinasi dengan Mendikbud dan rencananya komik trilogi ini akan menjadi komik acuan dan akan disebar ke seluruh sekolah di Indonesia,” ungkapnya.

Pada bagian lain, pasangan suami istri (Pasutri) Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin dan Ketua TP PKK Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza gencar memotivasi peserta didik jenjang SMA Negeri dan Swasta di ‘Bumi Serasan Sekate’ untuk bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit.

“Melalui tryout ini diharapkan peserta didik bisa lebih banyak lagi yang bisa tembus masuk PTN favorit di Indonesia,” kata Dodi didampingi istri tercinta Hj Thia Yufada Dodi Reza Alex di sela pembukaan Sampurasson Sumsel 2018 Dalam Rangka Tryout SBMPTN dan Bedah Kampus di Op Room Pemkab Muba, Selasa (6/2).

Pada kegiatan Sampurasson Sumsel 2018 Dalam Rangka Tryout SBMPTN dan Bedah Kampus tersebut diikuti sebanyak 811 peserta didik jenjang SMA se-Kabupaten Muba untuk melatih menjawab soal-soal jelang menghadapi jalur tes masuk perguruan tinggi negeri yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (rls/08)

Komentar

Rekomendasi Berita