oleh

Cegah Karhutla Babinsa Siaga

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dan Kabupaten Musi Rawas (Mura) menjadi perhatian serius, karena kedua wilayah tersebut potensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) sangat besar. Guna menyukseskan perhelatan Asian Games di Palembang, jajaran Kodim 0406 Mura Lubuklinggau, dan Muratara (MLM) menjamin kedua wilayah tersebut tidak akan terjadi Karhutlah selama kegiatan Asian Games.

“Karhutla sampai dengan saat ini terus kita pantau. Terutama di Muratara menjadi perhatian serius, karena wilayah tersebut potensi terjadinya Karhutla sangat besar,” kata Kodim 0406 MLM, Letkol Kav Dodi Syamsurizal, Minggu (26/08).

Dikatakannya, sepanjang tahun 2018 baru satu kali terjadi Karhutla di wilayah hukumnya. Tepatnya di kawasan Musi Hutan Persada (MHP) Kabupaten Mura seluas 6 hektare.

“Sebagai bentuk pengawasan lapangan, kita selalu menugaskan kepada Babinsa dan seluruh relawan untuk siap. Apabila terjadi Karhutlah mereka langsung melakukan pemadaman,” ungkapnya.

Lanjutnya, potensi ada pada Kabupaten Mura dan Muratara, untuk Mura tidak ada lahan gambut, jadi untuk pemadaman tidak terlalu sulit. Beda dengan Kabupaten Muratara ada sedikit lahan gambut.

Ia pun menegaskan apabila ada warga yang sengaja nekat melakukan pembakaran hutan. Maka pihaknya tidak segan-segan untuk melakukan tindakan tegas kepada para pelaku.

“Kita berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk tiga wilayah ini, saya dan Satgas Karhutla, sementara anggotanya termasuk pihak kepolisian,” tegas Dodi.

Ia pun memberikan atensi khusus kepada masyarakat, untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Menurutnya, banyak cara lain untuk membuka lahan.

“Bila sampai berdampak pada Asian Games ini, maka harkat martabat Sumatera Selatan dan Indonesia bisa tercoreng,” tuturnya. (04)

Rekomendasi Berita