oleh

Cari Sumber Air Pantai Buatan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau membuat pantai buatan, terus berjalan. Bahkan Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe bersama Ketua DPRD Lubuklinggau, H Rodi Wijaya, meninjau kolam renang terbesar se-Asia Tenggara, di Resort The Canopi Treasure Bay Bintan, Kepulauan Riau.

Di sana, Walikota beserta rombongan yang terdiri dari beberapa anggota DPRD.

“Kolam renang tersebut hampir sama dengan konsep pembuatan danau dan pantai buatan di Kota Lubuklinggau, makanya kami belajar ke sini,” ungkap Nanan sapaan H SN Prana Putra Sohe.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Lubuklinggau, H Luthfi Ishak yang ikut Kunjungan Kerja (Kunker) menjelaskan, saat ini pihaknya baru tahap studi banding. Sebagai persiapan pelaksanaan konsep pembuatan danau dan pantai buatan di Kota Lubuklinggau.

“Kami belum bisa menjelaskan secara rinci, yang pasti ini baru tahap awal untuk belajar atau sharing ke kabupaten yang sudah terlebih dahulu menerapkannya,” tegas Luthfi Ishak.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Lubuklinggau, H Asril didampingi Kabid Cipta Karya, Ihwan mengakui hingga saat ini belum ditentukan lokasi bakal pantai buatan. Mengingat tim DPUTR Kota Lubuklinggau masih melakukan pengkajian faktor pendukung, salah satu sumber air pantai buatan.

Diakui Ihwan, jika di Kepulauan Riau pantai buatan airnya bersumber dari air laut.

“Makanya kedepan kami (Pemkot Lubuklinggau,red) akan berkoordinasi dengan Balai Sungai Wilayah Sumsel,” kata Ihwan.

Ihwan menambahkan, selain di Riau pantai buatan juga ada di Palembang sumber airnya dari danau. Diakui Ihwan, material pembuatan pantai buatan berbeda dengan pembuatan kolam.

“Seperti pantai, tapi tidak ada kehidupan ekosistem laut di dalamnya, jadi murni pantai. Akan ada pasirnya,” ungkap Ihwan.

Sementara itu, sebelumnya Ihwan menjelaskan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Lubuklinggau 2018 sudah dianggarkan pembuatan Detail Engineering Design (DED) pantai buatan. Tepatnya untuk mencari lokasi bakal dibuat pantai, dengan struktur tanah yang cocok, dan lokasi strategis.

“Lokasi sampai saat ini belum tahu, tapi kita sudah ada bayangan lokasi mana yang bakal kita analisa atau cek, mulai dari struktur tanah dan strategis tidak lokasi tersebut,” tambah Ihwan.(rrf/nia)

Rekomendasi Berita