oleh

Cari Duta Wisata yang Benar Berkualitas

Seleksi Bujang Dere Mura Sempurna

Pemilihan Bujang Dehe Mura Sempurna tahun 2018, dimulai. Technical Meeting (TM) berlangsung di Auditorium Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura), Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kamis (5/4) siang.

Laporan Daulat, Musi Rawas

EVENT tahunan Pemilihan Bujang Dehe Mura Sempurna selalu menarik perhatian pemuda dan pemudi. Tahun ini, pesertanya sampai 108 orang. Terdiri dari 48 putra dan 60 peserta putri.

TM kemarin, dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Musi Rawas, Amrullah.

Sekalipun tergolong banyak peserta tahun ini, namun tak melebihi jumlah peserta Bujang Dehe Mura Sempurna tahun lalu yang mencapai 120 orang.

Seorang Panitia Bujang Dehe Mura Sempurna, Putra Robinto, saat dibincangi Linggau Pos mengatakan, peserta seleksi Bujang Dehe Mura Sempurna ini 20 % mahasiswa, dan 30 % pelajar. Juga ada instansi 30 % dan umum 20 %.

Peserta rerata berusia 16-25 tahun, asli dari Kabupaten Musi Rawas.

Pria yang karib dipanggil Putra itu menjelaskan, untuk pemilihan Bujang Dehe Mura Sempurna ada beberapa tahapan seleksi. Paling awal TM, lalu tes tertulis dan promosi pariwisata, pengumuman finalis, penyematan selempang, beauty class, table manner, dan grand final.

“Untuk jurinya, kami melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas, Dosen STKIP-PGRI Lubuklinggau bidang pengetahuan umum, dan Koreografi Berita Harahap,” ujar Putra.

Putra berharap, dengan adanya pemilihan Bujang Dehe Mura Sempurna menghasilkan duta wisata Kabupaten Musi Rawas yang benar-benar berkualitas, dan dapat menjadi wakil Kabupaten Musi Rawas pada pemilihan duta wisata di tingkat Provinsi Sumsel nantinya.

Sementara itu, seorang peserta Bujang Mura Sempurna, Sopian (20) saat dibincangi Linggau Pos mengatakan, ia baru pertama kalinya mengikuti pemilihan Bujang Dehe Mura Sempurna ini, dan menargetkan harus menang.

“Saya baru pertama kalinya mengikuti pemilihan ini, dan perwakilan dari Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK). Saat ini saya kuliah di kampus STIE Mura,” ujar Sopian.

Sopian berharap, dengan penuh harapan yang tinggi ingin sekali mengharumkan nama kampus dan kecamatannya. Untuk memenangkan pemilihan Bujang Mura Sempurna ini. (*)

Rekomendasi Berita