oleh

Camat Megang Sakti Berikan Bantuan Untuk Korban Banjir

Camat Megang Sakti, H Herry Akhmadi JS menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Desa Muara Megang, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sabtu (2/6).

LINGGAU POS ONLINE, MUARA MEGANG – Kegembiraan terpancar jelas di wajah warga Desa Muara Megang, Kecamatan Megang Sakti, setelah Camat Megang Sakti, H Herry Akhmadi JS dan rombongan datang ke permukiman mereka pasca banjir.

Saat itu berlangsung tatap muka antara Camat dengan masyarakat yang terkena dampak banjir Sungai Lakitan selama lima hari dari 28 Mei hingga 2 Juni 2018, pukul 09.00 WIB, Sabtu (2/6).

Di hadapan ratusan warga, Camat Herry Akhmadi menyampaikan permohonan maaf karena baru bisa hadir di tengah- tengah masyarakat dan bersilaturahim dengan warga yang sedang mendapatkan musibah.

Herry Akhmadi meminta warga tetap bersabar dan selalu bersyukur pada-Nya. Serta tidak putus asa atas musibah yang menimpa.

“Dengan bersyukur, maka Allah SWT akan mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada seluruh masyarakat di desa terkena banjir tahunan ini,” kata Herry Akhmadi meminta untuk menjaga kesehatan, dan antisipasi munculnya hewan-hewan berbahaya.

“Saya imbau kepada warga untuk menjaga kesehatan. Karena kami juga menyiapkan posko kesehatan dari Puskesmas Megang Sakti untuk melayani warga yang sakit. Dan untuk berhati-hati, terhadap hewan berbisa seperti ular, buaya, dan lainnya,” ungkap Herry, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu, Camat memberikan bantuan 20 dus mi instan dan 30 karpet telur untuk 332 warga yang terkena banjir.

“Semoga dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat untuk warga yang menerimanya. Serta bisa meringankan beban warga terkena banjir,” harap Herry.

Kemudian camat bersama Kades Muara Megang, Pajri serta warga setempat melakukan peninjauan ke bantaran sungai. Di sana dari hasil pantauan terungkap banjir makin meluas akibat curah hujan.

“Memang kondisi rumah warga di sini padat, dan dekat dengan sungai. Sehingga sungai cepat meluap ke rumah,” terang Herry.

Di sela-sela peninjauan, Herry juga mendengarkan keluhan beberapa warga terkena banjir. Sehingga camat akan memberikan solusi untuk penanganan banjir hingga ke depan tidak terulang kembali.

“Bagi warga yang memiliki tanah di dataran lebih tinggi, lebih baik mendirikan rumah di lokasi yang aman. Sehingga tidak mudah terkena banjir” imbaunya.

Sementara itu, Kades Muara Megang, Pajri mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan perhatian Camat Megang Sakti dan jajarannya. Apalagi camat telah berkunjung langsung ke desa mereka.

“Kunjungan itu sangat berarti dan menjadikan support bagi warga dalam menghadapi dampak banjir ini,” kata Pajri.

Diungkapkan Pajri, banjir besar akibat meluapnya sungai Lakitan menyebabkan sebagian warga belum bisa bekerja mencari nafkah, dan beraktivitas seperti biasanya.

“Banjir ini bukan pertama kali terjadi, tapi setiap dua atau tiga tahun pasti banjir. Bedanya jika tahun- tahun sebelumnya banjir cepat surut, tapi kali ini surutnya sangat lambat,” terang Pajri.(04)

Rekomendasi Berita