oleh

Camat Harus Berkompetisi Ciptakan Produk Unggulan

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), HM Syarif Hidayat mengimbau kepada seluruh camat yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara untuk berkompetisi menciptakan produk unggulan dengan memberdayakan kearifan lokal dan Sumber Daya Alam (SDA) di masing-masing desa.

Mengapa demikian, Syarif Hidayat menilai masih minimnya kreativitas para camat dalam hal menciptakan dan mengembangkan produk khas kecamatan masing-masing.

“Memang saat ini sudah ada beberapa produk unggulan di beberapa desa kecamatan, seperti di Kecamatan Karang Jaya berupa sirup limau manis, Kecamatan Rawas Ulu berupa ikan pedo dan produk lainnya yang perlu dikembangkan dan dibina oleh pihak kecamatan,” kata dia, kemarin.

Menurutnya Syarif Hidayat banyak potensial yang bisa dikelola dan dikembangkan, seperti di Kecamatan Karang Jaya berupa buah jeruk dan Kecamatan Nibung dengan penanaman pohon Alpokat, tentunya ini bagus dan harus terus dibina dan dikembangkan.

Masih banyak lagi tanaman lain yang bila dikelola dan dikembangkan dapat menciptakan sumber ekonomi bagi masyarakat, seperti tanaman buah Melinjo, tanaman buah Pinang. Yang apabila ditanami di setiap kepala keluarga minimal 2 batang, tentunya bisa menjadi penghasilan bagi masyarakat.

“Kalau setiap ibu-ibu rumah tangga memanfaatkan buah melinjo dengan membuat keripik emping, tentu menjadi tambahan penghasilan keluarga,” paparnya.

Begitu juga potensi ikan yang ada di Kecamatan Rawas Ulu, dan Kecamatan Ulu Rawas, masih sangat membutuhkan bantuan dan pembinaan seperti belajar baik pengolahan, pembuatan maupun pengemasan, bila perlu ke luar daerah. Sehingga hasilnya nanti maksimal dan bersaing dengan produk daerah lain.

“Saya optimis kalau Camat, Kades berkompetisi dalam berinovasi menciptakan dan mengembangkan produk di kecamatan masing-masing, kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” sebutnya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita