oleh

Calon Wakil Walikota Lubuklinggau Niat Nyaleg?

-Lubuklinggau-212 dibaca

LINGGAU POS ONLINE, DEMPO – Beberapa hari terakhir Polres Lubuklinggau dipadati masyarakat yang pengajuan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Menariknya, Rabu (4/7) calon Wakil Walikota Lubuklinggau nomor urut 1, Sofian, berpasangan dengan H Toyeb Rakembang terlihat ikut antre di tempat penerbitan surat kelakuan baik.

Menurut Sofian, dirinya membuat SKCK untuk melengkapi persyaratan maju di Pemilihan Legislatif 2019, sebagaimana syarat yang sudah diumumkan KPU Kota Lubuklinggau. Selain itu, ada juga mantan Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Elven Asmar, politisi senior ini terlihat ikut mengantre untuk membuat SKCK.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar melalui Kasat Intelkam Polres Lubuklinggau AKP Syamsul Zacri, mengatakan permohonan pembuatan SKCK selalu ramai pasca lebaran. Puluhan warga pemohon SKCK tersebut rata-rata didominasi masyarakat yang hendak maju sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Bahkan dalam dua hari terakhir pemohon SKCK melonjak drastis hingga 75 orang per hari, jauh dari sebelumnya yang ada pada angka 15-20 orang per hari.

Menurut AKP Syamsul Zacri, bukan hanya para Bacaleg saja yang mengajukan permohonan SKCK. Namun, ada juga warga yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota Bawaslu Kota Lubuklinggau, anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), serta calon anggota DPD RI.

“Semua diberlakukan sama, semua pengajuan kita selesaikan dalam waktu secepat mungkin. Mengingat, SKCK merupakan syarat yang harus dipenuhi masyarakat untuk mencalonkan diri,” jelasnya.

Selain itu, Pengadilan Negeri Lubuklinggau juga dipadati masyarakat yang mengajukan permohonan tidak pernah dihukum. Sebab, itu merupakan syarat yang harus dipenuhi para Bacaleg, calon anggota DPD RI, anggota Bawaslu Kota Lubuklinggau, anggota KPU Provinsi Sumsel.(01)

Rekomendasi Berita