oleh

Calon Petugas PPS Margarejo Gugur

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Minat warga menjadi petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) sangat besar. Terbukti 350 calon petugas PPS se-Kota Lubuklinggau telah mengikuti tes tertulis di ruang kelas SMP Negeri 4 Lubuklinggau, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Rabu (8/11).

Dari 350 itu, dipastikan tiga orang gugur, lantaran tidak mengikuti tes, uniknya ketiga orang ini berasal dari Kelurahan Marga Rejo Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Jadi, bisa dipastikan tidak ada petugas PPS yang lulus di kelurahan tersebut, karena hanya mereka yang ikut tes.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, Efriadi Suhendri membenarkan tiga orang calon petugas PPS langsung digugurkan, lantaran tidak mengikuti tes tertulis.

“Bagaimana kita beri penilaian, kalau yang bersangkutan tidak ikut tes. Jadi, saat pengumuman nama mereka tidak ada,” kata Efriadi Suhendri.

Maka lanjut dia, bisa dipastikan nama petugas PPS lulus khusus untuk Kelurahan Margarejo, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, tidak ada alias kosong.

“Ya mau bagaimana lagi, memang kejadiannya seperti itu,” jelasnya.

Demi suksesnya Pilkada serentak 2018, KPU Lubuklinggau akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kelurahan Marga Rejo, untuk mengusulkan 3 nama yang akan dijadikan petugas PPS di Pilkada mendatang.

“Mengenai nama-nama yang diajukan, kita serahkan semuanya ke pihak kelurahan,” jelasnya.

Sebenarnya, walaupun mengikuti tes tertulis bisa dipastikan ada 134 orang yang gugur dalam tes tertulis, karena KPU hanya membutuhkan 216 orang petugas PPS dan yang mendaftar ada 350 orang. Dan para petugas PPS ini, akan bekerja di Pilkada Lubuklinggau dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel, karena waktu pelaksanaannya bersamaan.

“PPS harus siap menjalankan tugas dua pekerjaan sekaligus, dengan gaji yang satu. Tugas PPS cukup berat, karena ketika ada calon perseorangan baik itu di Pilkada maupun Pilgub, harus melakukan verifikasi faktual mengenai syarat dukungan yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Untuk diketahui, bagi peserta yang lulus dalam tes tertulis akan dilantik pada Jumat (10/11) pukul 08.00 WIB di Ballroom SMart Hotel Lubuklinggau.

Para peserta yang ikut tes dibagi ke 12 ruangan, di mana satu ruangan berisi 30 orang peserta tes, dan khusus ruangan ke-11 dan 12 hanya diisi masing-masing 25 orang. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita