oleh

Cegah Narkoba, Calon Pengantin Wajib Tes Urine

LINGGAU POS ONLINE – Mulai Agustus 2019, setiap pasangan calon pengantin baru yang akan melangsungkan pernikahan diwajibkan untuk tes urine.

Tes urine untuk pasangan calon pengantin baru tersebut dilakukan guna mengetahui apakah ada kandungan narkotika atau tidak pada pasangan calon pengantin baru yang akan menikah.

Salah satu kota yang telah menerapkannya adalah Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Menanggapi hal itu, Kepala BNN Kabupaten Musi Rawas (Mura), Hendra Amoer menyambut baik wacana untuk tes urine terhadap calon pengantin.

Ia menjelaskan, hal itu salah satu cara untuk mempersempit ruang gerak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Tes urine terhadap calon pengantin sangat tepat dalam mempersempit ruang gerak penyalahgunaan narkoba,” jelasnya, Jumat (26/7).

Terlebih, dari janin seorang pengonsumsi narkoba tidak tertutup kemungkinan terpapar narkoba. Adanya tes urine tentu dapat mencegah hal itu. Nantinya, walaupun ada yang ditemukan positif mengonsumsi narkoba, tentu tidak akan membatalkan pernikahannya. Tapi, akan mengikuti rehab agar pulih dan diharapkan keturunan dari pasangan ini akan terhindar dari pengaruh narkoba atau terpapar narkoba yang berasal dari orang tuanya yang mengonsumsi narkoba. Sehingga, akan melahirkan keturunan yang bersih dari pengaruh narkoba.

“Para generasi penerus harus dilindungi dari pengaruh buruk narkoba, dan tes urine merupakan salah satu cara untuk melakukan itu,” terang dia.

Hal yang sama disampaikan Plt Kepala BNN Kota Lubuklinggau, Pandi. Ia menjelaskan tes urine terhadap pengantin merupakan wacana yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Apapun kebijakan maupun wacana yang sifatnya baik, dan berguna untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa jelas kita dukung,” katanya.

Bahkan, ia menjelaskan sampai saat ini tidak ada kendala, bila memang setiap calon pengantin harus dilakukan tes urine. Apalagi, BNN Lubuklinggau memiliki persediaan yang memadai untuk melaksanakan tes urine.

“Sampai saat ini tidak ada kendala, kalau memang mau menerapkan tes urine terhadap semua calon pengantin yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau dan sekitarnya,” jelas dia. (aku)

Rekomendasi Berita