oleh

Cagliari vs Juventus: Urusan Ronaldo Belum Usai

LINGGAUPOS.CO.ID- Urusan Scudetto memang sudah rampung untuk Juventus. Namun, bagi Cristiano Ronaldo problem ini belum selesai. Dari dua laga tersisa, CR7-julukan Ronaldo masih mengincar gelar capocannoniere (top skorer). Persaingannya dengan bomber SS Lazio Ciro Immobile masih ketat hingga giornata ke-36.

Ya, saat Ronaldo hanya menyumbang satu gol ke gawang Sampdoria, dalam laga lainnya, Immobile malah mengoleksi hat-trick ke gawang Hellas Verona. Trigol King Ciro –julukan Immobile– membuat striker 30 tahun itu kini mengoleksi 34 gol. Meninggalkan Ronaldo dengan 31 gol.

Kesempatan untuk mengkudeta gelar capocannoniere tersebut bisa terbuka lebar bagi CR7. Momen itu datang saat La Vecchia Signora-julukan lain Juventus- menantang Cagliari di Sardegna Arena, dini hari nanti (siaran langsung Beinsport 2 Pukul 02.45 WIB). Dalam pertemuan pertama, dua gol dilesakkan CR7 ke gawang Gli Isolani-julukan Cagliari- di Serie A musim ini.

Tidak mudah bagi CR7 –sebutan Ronaldo– mengejar King Ciro. Brescia Calcio dan SSC Napoli yang jadi lawan Lazio mampu dibobol tiga kali oleh peraih dua kali capocannoniere itu sebelumnya musim ini. ”Kembali meraihnya (capocannoniere) adalah misiku di sisa musim ini,” ucap Immobile kepada Tuttomercatoweb.

Dengan sisa 2 pertandingan, keduanya dapat mengukuhan diri sebagai bomber tersubur Eropa musim ini. Immobile hanya butuh tambahan 1 gol lagi untuk melampaui catatan striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski.

Semenjak diterapkan VAR dalam dua musim terakhir, Serie A menciptakan rekor baru dalam total penalti yang diberikan wasit. Musim ini, Lazio menjadi tim dengan hadiah penalti terbanyak. Ada 18 penalti yang 3 di antaranya gagal dikonversi menjadi gol oleh skuad asuhan Simone Inzaghi.

Di sisi lain, kalaupun gagal meraih capocannoniere, Ronaldo berada di ambang meraih rekor sebagai pemain tersubur Juve dalam semusim Serie A. Musim lalu, Ronaldo berkontribusi 30 persen dari pundi-pundi gol Juventus di Serie A.

Dari 31 laga bersama Juve, Ronaldo terlibat dalam 29 gol (21 gol dan 8 assist). Musim ini dominasi gol pemilik julukan CR7 itu lebih masif. Striker 35 tahun tersebut terlibat dalam 31 gol (25 gol dan 6 assist) dari 26 penampilan.

Lawan Juventus kali ini, Cagliari, berada dalam form yang mencemaskan. Anak asuh Welter Zenga tanpa satu pun kemenangan dalam delapan laga terakhirnya di Serie A. Terkini, mereka kalah 0-1 menjamu Udinese. Dengan performa seperti itu, sulit melihat Cagliari bakal bisa meredam sang juara termasuk gebrakan Ronaldo di lini depan.

“Kami masih memiliki banyak catatan. Khususnya distribusi permainan dari lapangan tengah dan bagaiman kami merebut bola. Kami butuh konsistens,” tandas Zenga.(*)

Rekomendasi Berita