oleh

Butuh Lahan untuk Bangun Sekolah, Desak Perusahaan Hibah Lahan

“…Warga tidak mampu membeli lahan, makanya diharapkan pihak PT Lonsum dapat menghibahkan lahan ini untuk pembangunan gedung SD yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak di sini…”

* Lukman, Warga Dusun Sido Makmur Desa Bumi Makmur Kecamatan Nibung

LINGGAU POS ONLINE- Tidak tersedianya lahan untuk membangun gedung sekolah, puluhan warga Dusun Sido Makmur Desa Bumi Makmur Kecamatan Nibung, mendesak PT Lonsum hibahkan lahan mereka, Jumat (22/11). Desakan ini, karena sebelumnya perusahaan sudah berjanji akan menghibahkan lahan camp (Kantor Sementara), jika dibutuhkan masyarakat.

Suyono, mewakili warga menjelaskan lahan bekas Estate PT Lonsum yang ada di desanya saat ini sudah tidak lagi digunakan. Sementara banyak masyarakat mengharapkan ada pembangunan sarana pendidikan di Dusun Sido Makmur, untuk itu mereka meminta janji hibah lahan tersebut.

Diakui Suyono, permasalahan hibah lahan ini sudah cukup lama tetapi belum ada tanggapan dari pihak perusahaan.

“Sedangkan sarana pendidikan di sini sangat dibutuhkan, untuk itu kita berharap pihak perusahaan menanggapi desakan kami ini, sehingga apa yang diharapkan warga dapat terwujud tanpa harus terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Lukman, warga setempat juga meminta pihak PT Lonsum segera menyelesaikan permasalahan tersebut secepat mungkin, karena menurutnya pembangunan gedung sekolah sangat dibutuhkan oleh anak-anak di sana.

“Warga tidak mampu membeli lahan, makanya diharapkan pihak PT Lonsum dapat menghibahkan lahan ini untuk pembangunan gedung SD yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak di sini. SD yang ada di sini semua sudah overload, tidak memungkinkan lagi untuk ditambah muridnya,” jelas Lukman.

Ketua RT Sido Makmur, Agung mengungkapkan lahan yang diminta warga tersebut dulunya untuk Plasma masyarakat, tetapi karena banyak warga yang tidak mendapatkan paket Plasma lahan dijadikan kantor sementara Lonsum.

Karena selama ini diketahui lahan tersebut masih milik PT Lonsum, maka sekarang masyarakat berinisiatif untuk meminta lahan tersebut untuk sibangun sarana pendidikan.

“Lahan ini untuk sarana pendidikan, harapan saya pemerintah Kabupaten Muratara dapat membantu memfasilitasi masalah ini dengan pihak PT Lonsum agar lahan tersebut segera dihibahkan oleh PT Lonsum. Masyarakat juga berharap, lahan ini kedepannya menjadi aset Desa Bumi Makmur ,” harapanya.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita