oleh

Butuh Konsistensi Ayah Ibu

Gadget Bak Dua Bilah Mata Pisau

Penggunaan gadget bagi anak bak dua mata pisau. Di satu sisi memeng memberikan banyak manfaat, namun di sisi lain juga memberikan dampak yang berbahaya untuk perkembangan karakternya. Lalu bagaimana cara bijak menggunakannya?

Laporan Sulis, Lubuklinggau

KITA menyadari, teknologi menjadikan gadget sebagai benda ampuh untuk menghibur anak-anak. Hanya dengan menyodorkan gadget berisi permainan maupun gambar yang menarik, perangkat digital tersebut sanggup menenangkan anak yang tengah rewel.

Oleh karena itu, Psikolog Irwan Tony menyarankan, jangan biasakan meminta anak melakukan sesuatu dengan iming-iming gadget. Terlebih masa liburan ini, bisa jadi sebagian besar waktu anak bersama gadget. Akibatnya anak merasa ketergantungan.

Untuk mengatasi kecanduan tersebut, saran dia para orang tua harus mulai membuat aturan untuk anak dalam memanfaatkan gadget.

“Menurut saya, orang tua perlu menentukan berapa lama waktu anak dalam menggunakan gadget setiap harinya. Tak hanya itu, orang tua juga perlu membatasi anak menggunakan gadget ketika tengah berakhir pekan di rumah atau saat melakukan perjalanan,” saran alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) itu.

Selain itu, komunikasi antara ayah dan ibu mengenai pembatasan gadget untuk anak juga harus selaras. Ia mengingatkan, jangan sampai aturan yang berbeda antara keduanya membuat orang tua terlihat tidak konsisten.

Disamping itu, Irwan Tony memaparkan gadget bermanfaat dalam menunjang pengetahuan serta mempersiapkan anak menghadapi dunia digital. Dia menjelaskan, pengetahuan bisa diperoleh melalui beragam aplikasi edukatif yang bisa diunduh gadget tersebut.

Aplikasi semisal menebak warna bisa melatih kemampuan anak dalam mengenali jenis-jenis warna di sekitarnya. Selain itu, gadget juga dapat melatih kemampuan berbahasa asing anak karena biasanya aplikasi maupun program yang tertera di gadget menggunakan bahasa asing.

“Gadget juga meningkatkan motivasi dan minat belajar anak,” imbuhnya.(*)

JUDUL:

Rekomendasi Berita