oleh

Butuh Kerja Keras Guru Sains

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – 198 Peserta didik dari utusan 67 SMP/MTs negeri dan swasta, Sabtu (24/3) bertanding dalam Olympiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Musi Rawas. Hasil dari kompetisi melalui pengerjaan soal-soal tertulis di SMPN B Srikaton itu sudah diumumkan Rabu (28/3).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Musi Rawas, Irwan Evendi melalui Kabid Pembina Pendidikan Dasar Hartoyo menerangkan, untuk Mata Pelajaran IPA Juara 1 Annisa Al Fitri dari SMPIT Al-Qudwah Musi Rawas. Juara 2 Meisyah dari SMPN Sukamana dan Juara 3 Azzah Candaes Lituhayu dari SMPN Muara Kelingi.

Untuk Mata Pelajaran Matematika Juara I Ellen Desta Sari utusan SMPN Durian Remuk, Juara 2 Dina Sekar Sari utusan SMPN Megang Sakti dan Juara 3 Zahra Alhuda utusan SMPN L Sidoarjo.

Sementara untuk mata pelajaran IPS Juara 1Veemasha Dwi Martindo Af dari SMPN L Sidoarjo, Juara 2 Kinanti Tusakdiah utusan SMPIT Al-Qudwah dan Juara 3 Nanda Dahlian Febrianto utusan SMPN Muara Beliti.

“Untuk persiapan mengikuti OSN Tingkat Provinsi Sumsel, sembilan siswa siswi ini dibina guru bidang studi dibantu pengawas bidang studi, untuk latihan-latihan. Karena soal OSN beda dengan soal UN. Komposisinya sedikit lebih sulit, seperti tentang analisis tingkat tinggi,” jelasnya.

Tahun 2017, kata Hartoyo, utusan Kabupaten Musi Rawas masuk lima dan tujuh besar Tingkat Sumsel.

“Target kami, dengan persiapan yang maksimal bisa tembus mewakili Sumsel, minimal masuk tiga besar OSN Tingkat Provinsi Sumsel,” jelasnya.

Pun dengan Kota Lubuklinggau, hasil OSN Tingkat SMP/MTs juga sudah diumumkan.

Dari data yang diberikan Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau, Untuk Kategori Mata Pelajaran IPS Juara 1 Samuel Owen Soeen utusan SMP Dian Harapan Lubuklinggau . Sementara Juara 2 Aulia Febrian utusan MTsN Lubuklinggau dan Juara 3 Dhita Noviana utusan SMPN 7 Lubuklinggau.

Untuk Mata Pelajaran IPA Juara 1 Dwi Fatma Sari dari SMPN 7 Lubuklinggau , Juara 2 Syafira Salsa Biela utusan SMPN 9 Lubuklinggau, Juara 3 Felicia Tandokalo utusan SMP Xaverius Lubuklinggau.

Sementara untuk mata pelajaran Matematika Juara 1, Rafael Jonatan Wijaya utusan SMP Dian Harapan Lubuklinggau, Juara 2 M Qies Maulina utusan MTsN Lubuklinggau dan Juara 3 Laura Widiya Ningrum SMPIT An-Nida Lubuklinggau.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau, H Tamri mendoakan peserta didik yang meraih gelar Juara I, 2 dan 3 OSN Tingkat Kota Lubuklinggau ini semakin termotivasi untuk sukses. Sehingga mempersiapkan OSN Tingkat Sumselnya lebih sungguh-sungguh.

“Sekolah juga kami minta serius. Terutama guru pembina dari bidang studinya, baik IPS, IPA maupun Matematika. Karena tanpa dibina dan dilatih terus, akan sulit berhasil,” ungkap Tamri.(02)

Rekomendasi Berita