oleh

Butuh Banyak Dokter Spesialis

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Hari ini (7/4) diperingati Hari Kesehatan Sedunia. Yang digagas oleh World Health Organization (WHO). Berkenaan dengan itu, bagaimana kondisi ketersediaan tenaga medis khususnya dokter spesialis di Kota Lubuklinggau?

Sebagai kota destinasi kesehatan, Direktur Rumah Sakit Siti Aisyah (RSSA) Kota Lubuklinggau, dr Mast Idris memastikan saat ini baik tenaga medis maupun paramedis di RSSA sudah cukup.

“Jumlah dokter spesialis cukup. Tinggal tiga dokter spesialis yang masih menunggu untuk diisi. Yakni spesialis mata, syaraf dan kulit kelamin,” jelasnya saat dibincangi Linggau Pos, Jumat (6/4).

Kondisi saat ini, RS yang terletak di Jl Pembangunan, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I itu memiliki Dokter Spesialis Penyakit Dalam 3 orang, Dokter Spesialis Anak 4 orang, Dokter Spesialis Bedah 3 orang, Dokter Spesialis Kebidanan 3 orang, Dokter Spesialis THT 1 orang, Dokter Spesialis Patologi Klinik 1 orang dan Ahli Anestesi 1 orang.

“Lima diantaranya dari program Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) dari Kementerian Kesehatan. Sisanya 2 orang berstatus ASN, 3 orang dokter ASN tamu dari RS Dr Sobirin serta selebihnya dokter dari BLUD,” jelas Mast Idris.

Untuk tiga spesialis yang belum ada, insya Allah kata Mast Idris, akan terpenuhi di Mei 2018 mendatang serta pembangunan gedung khusus mata selesai.

“Dua dokter spesialis, yakni syaraf dan kulit kelamin insya Allah akan masuk pada Mei mendatang. Serta ketika pembangunan ruang OK khusus mata selesai, bertambah dokter spesialis mata. Ini kerja sama kita dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (FK Unsri). Pada Juli mendatang, kita juga sudah menunggu lulusan untuk spesialis paru,” tegasnya. Selain itu, pihaknya juga terus melakukan penjajakan untuk ahli fisioterapi.

“Khusus untuk fisioterapi memang agak sulit, karena lulusannya cukup langka. Namun insya Allah sudah kita lakukan penjajakan di RS Moh Husein,” imbuhnya.

Sementara di Kabupaten Musi Rawas, Direktur RS Dr Sobirin, dr. H Nawawi Akib mengatakan, saat ini jumlah pegawai RS Dr Sobirin sebanyak 559 orang, yang terdiri dari 14 dokter spesialis, 21 dokter umum. (04/13)

Rekomendasi Berita