oleh

Bus Hentikan Operasional

LINGGAUPOS.CO.ID – Perusahaan Otobus (PO) mulai stop beroperasi. Itu seiring dengan larangan kegiatan mudik 6-17 Mei ini.

Heri, karyawan loket PO Siliwangi Antar Nusa (SAN), mengaku SAN terakhir mengangkut penunpang tujuan Jokja dan Solo, sejak Minggu (2/5/2021). Sedangkan tujuan Jakarta dan Bandung terakhir beroperasi Selasa (4/5/2021). “Kalau dari Jawa ke Sumatera terakhir 5 Mei,” kata Heri, saat ditemui di Loket SAN Lubuklinggau, Minggu (2/5/2021).

Dia mengaku, jelang berhenti beroperasi, penumpang mulai meningkat. Namun peningkatan tidak begitu signifikan. “Dibanding sebelum ramadan memang ada peningkatan penumpang, tapi bukan yang menggembirakan,” keluhnya.

Dia mengungkapkan penumpang, yang naik di Kota Lubuklinggau, saat ini rata-rata 15 penumpang per hari. Itu dari 3 Bus yang di operasikan. “Jadi satu bus itu 4-5 penumpang saja yang naik di Lubuklinggau,” ungkapnya.

Kondisi ini, hampir sama dengan jelang lebaran tahun lalu. yang penumpang bus diberatkan oleh kewajiban rapitd tes yang harganya mahal. “Tahun ini tambah berat lagi, karena dilarang ada kegiatan mudik,” tambahnya.

Diakuinya, tahun-tahun sebelum ada pandemi covid-19, momen lebaranlah menjadi peluang dari perusahaan bus. Biasanya tiket naik di H-17 lebaran. “Tahun ini boro-boro tiket naik. Mudik saja dilarang,” pungkasnya.(*)

Rekomendasi Berita