oleh

Bupati Tinjau Korban Kebakaran

LINGGAU POS ONLINE, RANTAU SERIK – Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan meninjau korban kebakaran di Desa Rantau Serik, Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Kabupaten Mura. Peninjauan dilakukan, Rabu (15/8) didampingi Camat TPK Dien Candra, Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos), Herman dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura, Paisol.

H Hendra Gunawan dengan menggunakan baju kaos merah dan topi bertuliskan H2G, bersama rombongan meninjau kondisi rumah yang hampir 99 persen rusak, serta menanyakan kepada pemilik rumah kronologis kejadian kebakaran tersebut.

Kebakaran yang terjadi pada, Selasa (14/08) pukul 03.30 WIB dini hari, diduga akibat oleh sambungan arus pendek listrik atau korsleting ditaksir kerugian mencapai Rp 250 juta.

Api baru diketahui oleh pemilik rumah, Supri bersama istri dan tujuh anaknya serta warga setempat ketika api sudah membesar. Setelah itu, warga sempat bergotong royong mengeluarkan barang dan memadamkan api, namun usaha warga tidak berhasil karena ganasnya api yang telah membumbung tinggi.

Hendra kembali mengatakan turut berduka atas kejadian ini, dan meminta warganya agar musibah ini harus dimaknai sebagai cobaan bagi korban untuk terus bangkit dan semangat dalam menjalankan kehidupan selanjutnya pasca kebakaran ini.

Kepada seluruh masyarakat juga diminta terus waspada di dalam menjaga kondisi rumah.

“Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta bergotong royong dalam meringankan beban korban, khususnya dalam menghadapi kondisi sulit saat ini, baik dengan memberikan semangat, berdoa maupun bantuan materil,” kata Hendra Gunawan.

Setelah itu Hendra Gunawan menyerahkan bantuan berupa paket perlengkapan kesehatan, peralatan dapur keluarga, bantuan sandang dan pangan family kit, perlengkapan makan, terpal, Seng dan matras.

Camat TPK, Dien Candra mengungkapkan, setelah pihaknya mengetahui terjadinya kebakaran, dirinya langsung menghubungi BPBD Mura untuk langsung terjun ke lokasi kejadian dan langsung mematikan sisa-sisa api yang masih menyala.

Setelah diyakini api 100 persen padam, pihaknya didampingi Kepala BPBD Mura memberikan pendampingan kepada keluarga korban dan disaksikan Ketua TP PKK Kecamatan, anggota Danposramil, Kades serta masyarakat sekitar diserahkan bantuan dari Kecamatan TPK berupa Sembako.

“Berharap kejadian ini tidak kembali terulang, namun jika terjadi kembali, saya meminta masyarakat untuk cepat tanggap dengan bergotong royong memadamkan api dan menghubungi pihak kecamatan sehingga kebakaran ini cepat diatasi,” ucapnya.

Tambahnya, dirinya juga mengharapkan keluarga korban dapat sabar dan menerima musibah ini sebagai cobaan. (Rls/04)

Rekomendasi Berita