oleh

Bupati Tekan Peserta KTNA Majukan Mura

LINGGAU POS ONLINE – Kontingen peserta Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Musi Rawas (Mura), dilepas Bupati Mura, H Hendra Gunawan, Kamis (20/6). Para kontingen tersebut, akan mengikuti Peda KTNA ke-13 tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Sekayu, Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba). “Peserta KTNA Mura yang berangkat diharapkan bisa memberikan dampak positif, terhadap perkembangan pertanian di Kabupaten Mura secara keseluruhan,” ungkap Hendra Gunawan dalam pelepasan tersebut.

Ia menjelaskan, para peserta yang dikirim harus bisa menggali ilmu pertanian baru. Ilmu tersebut, nantinya berguna untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, menuju petani yang sejahtera, hebat dan terdepan. Sebab, kegiatan Peda KTNA dikenal sebagai wadah berbagi ilmu pertanian, dengan saling bertukar informasi, serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama antara petani.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas, Tohirin mengatakan selain belajar para kontingen dari Kabupaten Mura, harus berjuang untuk meraih predikat juara dalam aneka lomba untuk mengangkat nama Kabupaten Mura. “Dengan persiapan yang sudah dilakukan, kita yakin kontingen Mura akan meraih predikat terbaik,” katanya.

Ia menjelaskan, jumlah kontingen Peda KTNA yang akan berangkat cukup banyak, yakni sejumlah 231 orang yang terdiri dari, peserta utama 100 orang, pendamping 31 orang, peninjau 41 orang, penjaga pameran 15 orang, tim kesenian 22 orang dan kepanitian 22 orang.

Mereka akan mengikuti lomba temu wicara dan temu profesi, temu usaha agrobisnis, studi banding widya wisata, gelar teknologi dan juga gelar seni budaya lokal dan nusantara. Selain itu, juga ada perlombaan seperti unjuk tangkas dan asah keterampilan, bidang olahraga, kreasi dan keakraban. “Semoga kontingen Mura dapat memberikan yang terbaik,”harapnya. (aku)

Rekomendasi Berita