oleh

Bupati : Sertifikat Tanah Bisa Sejahterakan Warga

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad
“PTSL mampu menggerakkan perekonomian masyarakat, juga meminimalisasi konflik pertanahan…”

EMPAT LAWANG – Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) yang tengah digencarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat bawah.

Sebab,  sertifikat yang dimiliki oleh masyarakat bisa menjadi barang berharga yang bisa mereka agunkan kepada  pihak bank dan lembaga keuangan.

Hal itu disampaikan Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad saat me-launching Sosialisasi PTSL di Rumah Dinas Bupati Empat Lawang, Sabtu (26/1).

Ia berkeyakinan program PTSL, selain mampu menggerakkan perekonomian masyarakat, juga meminimalisasi konflik pertanahan. Sebab, dengan program ini semua bidang tanah akan terdaftar dan terpetakan dengan rapi. Sosialisasi itu dihadiri Kades dan Lurah di Kabupaten Empat Lawang.

Menurut Joncik, dalam sosialisasi itu juga dilakukan pengumpulan data fisik dan data yuridis, mengenai satu atau beberapa objek pendaftaran tanah untuk keperluan pendaftarannya.

“Setiap tanah harus memiliki kepastian hukum. Menurutnya, PTSL ini merupakan perintah melalui Instruksi Presiden (Inspres) No.2 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan PTSL Tahun 2017 yang kemudian diperkuat dengan terbitnya Permen Agraria. (key)

Rekomendasi Berita